Bisa Sebabkan Dehidrasi, Batasi Minum Kopi Saat Sahur

Minggu, 18 April 2021 - 17:57 WIB
loading...
Bisa Sebabkan Dehidrasi, Batasi Minum Kopi Saat Sahur
Untuk mencgah dehidrasi saat pusa, sebaiknya hindari minum kopi saat sahur. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Menurut sebuah penelitian, frekuensi makan dan cairan berkurang selama bulan Ramadhan dan dapat menyebabkan berkurangnya energi, penurunan berat badan, dan menimbulkan dehidrasi.

Penelitian lain menunjukkan bahwa tidak adanya asupan makanan dan cairan selama siang hari selama puasa dapat menyebabkan defisit air tubuh yang sangat besar sehingga menyebabkan penurunan fungsi kognitif dan fisik.

Oleh sebab itu, penting agar tetap terhindar dari dehidrasi saat berpuasa. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar tetap terhidrasi, salah satunya memperhatikan asupan makanan saat sahur dan berbuka.

Baca Juga : Tips Jadikan Sistem Kekebalan Tubuh Lebih Kuat saat Berpuasa

Dokter spesialis gizi klinik yang berpraktik di RS Pondok Indah – Pondok Indah, dr. Tirta Prawita Sari, M.Sc, Sp.GK mengatakan Saat puasa kita dapat saja mengalami dehidrasi ringan sampai sedang.

Karenanya, kurangi aktivitas berat yang dilakukan secara outdoor atau di ruang terbuka dan terkena panas matahari. Pastikan juga Anda memenuhi kebutuhan cairan saat berbuka dan sahurdan mayoritas kebutuhan cairan sebaiknya dipenuhi saat berbuka hingga menjelang tidur.

“Saat sahur, Anda dapat penuhi cairan sekitar 750 mililiter cairan dan sisanya dapat dipenuhi saat berbuka hingga menjelang tidur. Jangan minum langsung dalam jumlah banyak sekaligus ya. Minumlah secara bertahap, sering berwudu, dan basahi wajah dan kulit lainnya agar kulit tidak kering,” ujar dr Tirta.

Ia juga menuturkan, Bagi Anda yang sudah terbiasa mengonsumsi kopi, tidak masalah untuk tetap mengonsumsinya selama bulan Ramadan. Mungkin dapat dikurangi saja jumlah kopinya. Apabila Anda biasa mengonsumsi kopi sebanyak 2 sendok teh, dapat dikurangi menjadi 1 sendok teh.

“Namun, jika Anda merasa tidak ada masalah, misalnya pada perut, masalah lambung, dan dehidrasi , maka Anda dapat tetap menerapkan kebiasaan lama. Efek diuresis (peningkatan produksi urin, efek samping konsumsi kafein) sangat mungkin terjadi, namun tentu tergantung juga dari jumlah kopi dan jenisnya,” terang dr Tirta.

Baca Juga : Cegah Dehidrasi, Ini Asupan yang Baik Dikonsumsi Selama Puasa!

Ia juga menegaskan bahwa hati-hati jika minum kopi saat sahur karena dapat berpotensi memberi efek diuresis dan menyebabkan dehidrasi. Jika tidak perlu benar minum kopi, maka tidak perlu minum kopi saat sahur. “Penerapan kebiasaan baru memang membutuhkan waktu. Jika ngopi pagi sudah menjadi kebiasaan Anda, maka setidaknya latihanlah tanpa kopi di pagi hari pada 2 minggu sebelum Ramadhan.

Namun sekali lagi, tidak semua orang akan mengalami keadaan ini. Apabila Anda sudah terbiasa, maka tetap dapat terapkan kebiasaan lama atau dengan mengurangi jumlah takaran kopi yang diseduh,” papar dr Tirta.
(wur)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1586 seconds (0.1#10.140)