Apa Manfaat Puasa Bagi Tubuh? Ini Jawaban Ustadz Najmi

Kamis, 22 April 2021 - 13:13 WIB
loading...
Apa Manfaat Puasa Bagi Tubuh? Ini Jawaban Ustadz Najmi
Selain mendapat pahala, apa lagi ya manfaat yang bisa kita dapatkan ketika berpuasa? / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Pada bulan suci Ramadhan, umat muslim yang memenuhi syarat wajib untuk mengikuti ibadah puasa . Selain mendapat pahala, apa lagi ya manfaat yang bisa kita dapatkan ketika berpuasa?

Baca juga: Puasa Bisa Sebabkan Dehidrasi, Penting Penuhi Asupan Cairan

Di acara nunggu bedug, Ustadz Najmi Fathoni akan berbagi informasi dan menjawab pertanyaan-pertanyaan menarik. Walaupun di Ramadhan kali ini kita tetap perlu untuk membatasi diri untuk pergi ke luar rumah, kita bisa tetap belajar dan menggali banyak informasi baru dengan media sosial.

Pertanyaan kali ini disampaikan oleh konten kreator dan dokter muda Ayman Alatas . Ayman penasaran tentang manfaat puasa bagi tubuh.

"Saya ingin bertanya, sebenarnya apa saja pengaruh puasa bagi tubuh dan bagaimana menurut Al-Quran dan Hadist?" tanya Ayman.

Ustadz Najmi menjelaskan bahwa terdapat kaitan antara puasa dengan kesehatan tubuh. Bahkan dalam salah satu hadis berbunyi: "Berpuasalah engkau maka engkau akan sehat."

Ustadz Najmi mengungkapkan bahwa sistem metabolisme dalam tubuh kita perlu istirahat, maka itu ketika puasa, organ-organ pun juga beristirahat. Puasa juga dapat berguna untuk mendaur ulang sel-sel dalam tubuh.



Bukan hanya menyehatkan, umat muslim perlu berpuasa untuk meningkatkan taqwa seperti pada ayat di QS Al-Baqarah 2:183 yang berbunyi:

"Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa."

Baca juga: Perempuan Desa Peduli Gambut Kalsel Dukung Penuh Fesyen Berkelanjutan

Yuk dengar penjelasan Ustadz Najmi selengkapnya di YouTube channel StarHits .
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3076 seconds (0.1#10.140)