Puasa Bisa Sebabkan Dehidrasi, Penting Penuhi Asupan Cairan

Kamis, 22 April 2021 - 02:17 WIB
loading...
Puasa Bisa Sebabkan Dehidrasi, Penting Penuhi Asupan Cairan
Puasa Bisa Sebabkan Dehidrasi, Penting Penuhi Asupan Cairan. Foto/Insider.
A A A
JAKARTA - Studi menunjukkan bahwa selama berpuasa , tubuh cenderung lebih mudah mengalami dehidrasi . Oleh sebab itu, penting untuk memenuhi kebutuhan asupan cairan selama waktu sahur dan berbuka.

“Tubuh membutuhkan sedikitnya dua liter atau kurang lebih delapan gelas air bagi rata-rata orang dewasa,” kata Ketua Indonesia Hydration Working Group (IHWG) Dr dr Diana Sunardi, MGizi, SpGK melalui siaran resminya, Rabu (21/4).

Dr Diana juga memgungkapkan dampak dehidrasi bagi kesehatan. Di antaranya mengganggu fungsi kognitif dan memengaruhi suasana hati (mood) seseorang. Hal ini disebabkan karena fungsi kognitif memegang peranan penting dalam mengatur persepsi, cara berpikir, kemampuan mengingat, dan merasakan emosi.



Tentunya, ini berpotensi mengganggu aktivitas sehari-hari, termasuk beribadah.

“75% otak manusia terdiri dari air, apabila tubuh kehilangan sedikitnya 2% saja dari jumlah total air dalam tubuh, hal ini dapat mengganggu fungsi tubuh kita, termasuk otak,” jelas dia.

Oleh karenanya, perempuan yang juga merupakan Dokter Spesialis Gizi Klinik di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dan RSCM Jakarta ini juga membagikan tips agar tetap terhidrasi selama menjalani ibadah puasa.



“Karena tidak bisa minum di siang hari ketika berpuasa, kita bisa memenuhi kebutuhan air tubuh dengan minum 2 gelas air saat berbuka, 4 gelas air setelah makan malam hingga menjelang tidur, dan 2 gelas air lagi ketika sahur,” tandasnya.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2055 seconds (0.1#10.140)