Ustadz Najmi Fathoni Jawab Pertanyaan Keisya Levronka Soal Hukum Puasa Bagi Orang yang Meninggalkan Sholat

Jum'at, 23 April 2021 - 14:12 WIB
loading...
Ustadz Najmi Fathoni Jawab Pertanyaan Keisya Levronka Soal Hukum Puasa Bagi Orang yang Meninggalkan Sholat
Keisya Levronka dan Ustadz Najmi Fathoni. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Pada bulan suci ini, umat muslim perlu menjaga perbuatan dari hal yang dilarang Allah SWT dan melakukan sesuatu yang dapat mendekatkan diri kepada Yang Maha Kuasa. Selain melakukan hal yang wajib seperti sholat, kita pun bisa bertadarus dan melakukan sholat sunnah. Namun, ketika sedang berpuasa dan umat muslim lalai dalam melaksanakan sholat wajib, apakah puasanya tetap sah?

Di acara nunggu bedug, Ustadz Najmi Fathoni akan berbagi informasi dan menjawab pertanyaan-pertanyaan menarik. Walaupun di Ramadhan kali ini kita tetap perlu untuk membatasi diri untuk pergi ke luar rumah, kita bisa tetap belajar dan menggali banyak informasi baru dengan media sosial.

Pertanyaan kali ini disampaikan penyanyi cantik Keisya Levronka yang bertanya tentang meninggalkan sholat saat berpuasa.

Baca Juga : Coba Selesaikan Masalah, Sule Malah Ditinggal Pergi Nathalie Holscher

“Saya mau tanya, apa sih hukum puasa bagi seseorang yang meninggalkan sholatnya? Apakah puasanya sah?” tanya Keisya.

Terdapat dua pandangan yang mengatakan meninggalkan sholat ketika berpuasa maka puasanya batal, aja juga yang masih tetap sah.

Yang membedakan antara orang muslim dan bukan muslim adalah dari sholatnya. Jika seseorang meninggalkan sholat karena ingkar maka puasanya batal. Jika seseorang meninggalkan sholat karena malas, puasanya tetap sah.

Seperti bunyi QS. An-Nisa ayat 103 yaitu:

“Kemudian, apabila kamu telah merasa aman, maka laksanakanlah sholat itu (sebagaimana biasa). Sungguh, sholat itu adalah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman”

Baca Juga : Merasa Banyak Beban, Sule Pilih Tak Tanggapi Isu Kisruh Rumah Tangga dengan Nathalie Holscher

Walaupun begitu, kita sebagai umat mukmin tidak boleh meninggalkan sholat karena hal tersebut merupakan salah satu dari rukun islam.

Yuk dengar penjelasan Ustadz Najmi selengkapnya di YouTube channel StarHits!
(wur)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2092 seconds (0.1#10.140)