Begini Cara Alyssa Soebandono Ajari Anak Pentingnya Patuhi Prokes

Sabtu, 24 April 2021 - 03:44 WIB
loading...
Begini Cara Alyssa Soebandono Ajari Anak Pentingnya Patuhi Prokes
Cara mengajarkan pentingnya protokol kesehatan yang dilakukan Alyssa Soebandoni ini tak sama dengan apa yang dilakukan pemerintah kepada masyarakat. / Foto: Instagram @ichasoebandono
A A A
JAKARTA - Sebagai ibu, Alyssa Soebandono harus memberikan proteksi maksimal untuk 2 buah hatinya. Terlebih, di masa pandemi ini, dia bahkan mengajarkan pentingnya protokol kesehatan pada anak-anaknya.

Baca juga: BTS Resmi Jadi Global Ambassador Louis Vuitton

Tentu, cara mengajarkan pentingnya protokol kesehatan yang dilakukan Alyssa Soebandoni tak sama dengan apa yang dilakukan pemerintah kepada masyarakat. "Kalau sama anak-anak, caranya tentu lebih santai dan pakai bahasa yang mereka pahami," kata Alyssa di Webinar, Jumat (23/4).

Meski santai, sambungnya, anak-anak dikenalkan juga bagaimana pandemi itu sendiri dan tentang virus corona yang sedang dilawan bersama. "Sederhananya, aku ngasih tau ke anak-anak aku kalau saat ini ada virus yang menyebar lewat udara, makanya penting pantai masker," katanya.

Nah, masker yang dipilihkan Alyssa untuk anak-anaknya pun tak biasa. "Biar anak-anak suka pakai masker, aku selalu pilihkan masker yang bergambar. Karena ada gambarnya, anak-anak jadi suka dan mau pakai masker," sambung istri Dude Herlino tersebut.

Tidak hanya soal pentingnya pakai masker, Alyssa bahkan membiasakan anak-anaknya untuk rutin cuci tangan dengan air mengalir dan sabun. Sekali lagi, dia memberikan pemahaman kepada anaknya sesuai dengan anjuran dokter.

"Aku selalu bilang ke anak-anak, kalau lagi cuci tangan itu jangan buru-buru. Karena kita disuru dokter biar tetap terjaga kebersihannya, harus cuci tangan minimal 20 detik dan ada gerakannya," tutur Alyssa.

Dengan pemahaman seperti itu, kini anak-anak Alyssa dikabarkan suka sekali cuci tangan dan benar-benar melakukan cuci tangan dengan gerakan yang dianjurkan Badan Kesehatan Dunia (WHO). Untuk bisa ke tahap ini, kata Alyssa, tentu butuh waktu dan harus jadi kebiasaan.

"Karena kita kan kasih tahu ke anak-anak setiap hari. Jadi, ya, mereka juga akhirnya jadi tahu dan mau mengikuti tanpa merasa terbebani," tambahnya.

Tentang kebersihan tangan, Alyssa juga selalu membawa hand sanitizer di tas pribadi atau pun tas makan anak-anaknya. Ini menjadi barang yang cukup penting saat ini, apalagi buat anak-anak yang suka pegang apapun yang dia inginkan.

Baca juga: Aktivitas Fisik Tetap Dianjurkan Selama Berpuasa

"Aku juga kasih tahu ke anak-anak kalau mereka jangan suka menyentuh muka sehabis pegang benda-benda. Alhamdulillah, anakku yang pertama paham semua dengan apa yang saya juga Dude ajarkan. Intinya harus dibiasakan dan diajak untuk paham juga kenapa dia harus melakukan kebiasaan baru ini," papar Alyssa.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1443 seconds (0.1#10.140)