Ramadhan Waktu yang Tepat untuk Membersihkan Dhohir dan Batin

loading...
Ramadhan Waktu yang Tepat untuk Membersihkan Dhohir dan Batin
Cara membersihkan hati yaitu dengan sholat, membaca Al-Quran, puasa, zikir, hingga membuang penyakit hati. / Foto: ilustrasi/ist
JAKARTA - Dai kondang, Ustadz Riza Muhammad mengatakan, Ramadhan merupakan bulan terbaik untuk mensucikan diri, baik dhohir (lahir) maupun batin.

Baca juga: Apa Hukumnya Posting Foto Makanan di Bulan Puasa?

"Membersihkan diri ada dua yang pertama dhohir yang kedua batin," kata Ustadz Riza saat webinar Wings Care Hadirkan GIV Hijab Camp untuk Ramadhan yang Lebih Inspiratif, Sabtu (24/4).

Menjaga kebersihan merupakan bagian dari iman, hal ini juga merupakan ajaran dari Rasulullah SAW . Menurut Ustadz Riza, Nabi Muhammad mengatakan, membersihkan dhohir saja tidak cukup.

"Sebelum dhohir yang perlu dibersihkan itu batin. Rasulullah pernah bersabda: 'Di dalam tubuh manusia ada sejumlah daging. Kalau dagingnya baik berarti hatinya baik. Kalau dagingnya tidak baik maka perilakunya tidak baik. Dan daging itu qolbu atau hati," terangnya.



Ustadz Riza mengatakan, cara membersihkan hati yaitu dengan sholat, membaca Al-Quran, puasa, zikir, hingga membuang penyakit hati.

Baca juga: Ramah Lingkungan, Tas Keranjang Ini Harganya Rp12 Juta

"Maka Rasulullah mengajarkan sebelum membersihkan dhohir yang harus kita bersihkan paling utama itu batin. Apa itu? Hati, ensucikan jiwa. Ramadan pun identik dengan itu," pungkasnya.
(nug)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top