Raih Oscar, Chloé Zhao Menjadi Sutradara Wanita Terbaik Pertama dari Asia

Senin, 26 April 2021 - 09:58 WIB
loading...
Raih Oscar, Chloé Zhao Menjadi Sutradara Wanita Terbaik Pertama dari Asia
Chloe Zhao. Foto/Variety
A A A
JAKARTA - Sutradara kelahiran Beijing, Tiongkok, Chloé Zhao, berhasil membawa pulang piala Oscar lewat film Nomadland. Dalam ajang tersebut, Chloé Zhao memenangkan piala Oscar sebagai Best Director lewat film yang dirilis pada September 2020 kemarin dan berhasil meraup keuntungan lebih dari Rp 88 miliar.

Kemenangan Zhao bahkan menjadikan dirinya sebagai wanita Asia pertama yang memenangkan Oscar sebagai sutradara terbaik. Tak hanya itu, ia bahkan menjadi wanita kedua peraih kemenangan sebagai Best Director versi Oscar, setelah Kathryn Bigelow lewat film The Hurt Locker .

Baca Juga : Membawa Tas Jantung Manusia, Penampilan Penyanyi Celeste Waite di Oscar Jadi Sorotan

Mengenakan sepatu kets putih dengan rambut dikepang, Zhao tampak mengucapkan rasa terima kasihnya pada seluruh pemain dan kru yang terlibat dalam Nomadland. Termasuk untuk orang-orang yang sudah menjadi inspirasinya untuk terus berkarya.

"Penghargaan ini saya dedikasikan untuk semua yang memiliki kepercayaan dan keberanian untuk berpegang teguh pada kebaikan dalam diri masing-masing," ungkapnya di atas panggung.

"Tak peduli betapa sulitnya untuk melakukan hal itu. Ini untuk kalian semua. Kalian menginspirasiku untuk terus maju. Terima kasih," lanjutnya.

Baca Juga : Lewat Film Judas and The Black Messiah, Pertama Kalinya Daniel Kaluuya Raih Oscar Sebagai Aktor Pendukung Terbaik

Sebagaimana diketahui, dalam penyelenggaraan Oscar tahun ini ada lebih dari satu sutradara wanita yang menjadi nominasi dalam kategori sutradara terbaik. Selain Zhao, ada pula Emerald Fennell lewat filmnya 'Promosing Young Woman'.
(wur)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3216 seconds (0.1#10.140)