Semprot Disinfektan Sejumlah Masjid, Emco Peduli Gandeng DMI Surabaya

Minggu, 19 April 2020 - 16:04 WIB
loading...
Semprot Disinfektan Sejumlah Masjid, Emco Peduli Gandeng DMI Surabaya
Disinfektan yang digunakan untuk penyemprotan di masjid dan musala ini tidak mengandung alkohol. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Bekerjasama dengan Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Surabaya, Emco Peduli akan melakukan penyemprotan disinfektan secara cuma-cuma ke masjid dan musala. Sebagai pabrik cat yang besar di Kota Pahlawan, Emco ingin ikut berkontribusi dalam melawan pandemi coronavirus atau Covid-19 di Surabaya.

Seperti diungkapkan Bendahara DMI, Mohammad Jamil, penyemprotan akan mulai dilaksanakan Senin nanti, dan sejauh ini sudah terdapat hampir 100 masjid dan musala yang telah mendaftar untuk disemprot.

"Penyemprotan disinfektan untuk tempat ibadah ini diprioritaskan bagi masjid dan musala di perkampungan padat penduduk. Harapannya agar bisa membantu pemerintah mengurangi penyebaran virus corona yang telah mewabah di seluruh dunia," terang Jamil, yang juga koordinator program tersebut, Minggu (19/4).

Menariknya, disinfektan yang digunakan untuk penyemprotan di masjid dan musala ini tidak mengandung alkohol. Disinfektan yang didatangkan Emco dari luar negeri ini produksi Lanxes. Disinfektan ini disebut sebagai yang terbaik, tidak beracun, ramah lingkungan dan baik untuk ternak dan manusia. Biasanya dipakai untuk menyemprot semua kendaraan yang akan masuk area peternakan agar tidak membawa virus dari luar.

Menggunakan jenis disinfektan yang terbaik, Emco Peduli pun menerbitkan standar operasional prosedur atau SOP kepada semua petugas lapangan. Karena bubuk bahan disifektan punya tingkat keasaman yang tinggi, maka untuk mencampurnya harus menggunakan masker dan sarung tangan. Baru setelah dicampur dengan air 95 persen, maka tingkat keasamannya menjadi rendah.

Meski ramah lingkungan dan baik untuk manusia, namun disinfektan ini tidak diperbolehkan disemprotkan ke manusia, dan hanya untuk benda mati. Oleh karenanya, petugas penyemprotan harus menggunakan pelindung diri yang lengkap.

Sebagai tahap awal, semua bahan disifektan impor, alat semprot, alat pelindung diri untuk penyemprot, dan petugasnya disediakan oleh Emco. ''Nanti selanjutnya akan diteruskan tim DMI Kota Surabaya,'' kata Jamil.

Pastinya, selama masa pandemi, tempat yang biasa didatangi publik atau jemaah harus secara rutin disemprot disinfektan. Jadi tidak hanya sekali saja penyemprotan dilakukan. Ini penting agar virus yang menempel di fasilitas ibadah itu mati.

Sementara itu, sebelumnya, Emco Peduli juga telah melakukan penyemprotan disinfektan ke sejumlah masjid dan tempat ibadah di Jabodetabek. Selain itu juga melakukan kegiatan yang sama di Makassar, Sulawesi Selatan. Kegiatan tersebut telah berlangsung dan ditutup dengan Konser Nang Omah Wae untuk menggalang donasi Covid-19 bersama Didi Kempot.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1248 seconds (0.1#10.140)