Studi: Pasien yang Pulih dari Covid-19 Miliki Antibodi Selama 6 bulan

Minggu, 07 Februari 2021 - 04:24 WIB
loading...
Studi: Pasien yang Pulih dari Covid-19 Miliki Antibodi Selama 6 bulan
Orang yang telah pulih dari Covid-19 kemungkinan memiliki tingkat antibodi yang tinggi selama 6 bulan atau lebih. / Foto: Ilustrasi/dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Orang yang telah pulih dari Covid-19 kemungkinan memiliki tingkat antibodi yang tinggi selama 6 bulan atau lebih, yang seharusnya melindungi mereka dari infeksi ulang, menurut sebuah studi baru dari para peneliti di UK Biobank. Studi ini memberikan jaminan bahwa infeksi ulang segera setelah pemulihan seharusnya jarang terjadi.

Baca juga: Wanita Hamil Covid-19 Bisa Mentransfer Antibodi pada Bayinya

"Meskipun kami tidak dapat memastikan bagaimana hal ini berkaitan dengan kekebalan, hasilnya menunjukkan bahwa orang terlindungi dari infeksi berikutnya setidaknya selama 6 bulan setelah infeksi alami," kata Naomi Allen, PhD, salah satu peneliti dan kepala ilmuwan di UK Biobank, seperti dikutip WebMD, Sabtu (6/2).

Tim peneliti mengukur tingkat infeksi Covid-19 sebelumnya di beberapa populasi di seluruh Inggris dan berapa lama antibodi bertahan. Di antara 1.700 orang yang dites positif terinfeksi Covid-19 sebelumnya, 99% memiliki antibodi selama 3 bulan. Setelah 6 bulan, 88% masih memiliki antibodi.

Berdasarkan sampel darah dari 20.200 orang, proporsi populasi Inggris dengan antibodi Covid-19 naik dari 6,6% pada Mei menjadi 8,8% pada Desember. Angka ini tertinggi di London, 12,4%, dan terendah di Skotlandia, 5,5%.

Antibodi ditemukan dalam proporsi yang lebih besar pada orang yang lebih muda. Sekitar 13,5% dari mereka yang berusia di bawah 30 tahun memiliki antibodi yang dapat dideteksi, dibandingkan dengan 6,7% dari mereka yang berusia di atas 70 tahun. Selain itu, 16,3% peserta penelitian kulit hitam memiliki antibodi, dibandingkan dengan 8,5% peserta kulit putih dan 7,5% peserta dari etnis China.

Temuan tersebut serupa dengan penelitian lain di Inggris dan Islandia dalam beberapa bulan terakhir, yang menunjukkan bahwa antibodi Covid-19 cenderung bertahan selama beberapa bulan setelah orang pulih. Studi telah menemukan bahwa antibodi dapat bertahan setidaknya selama 5 hingga 8 bulan, tergantung pada seberapa parah infeksi Covid-19 itu.

Para ilmuwan akan melakukan lebih banyak studi lanjutan untuk mengetahui berapa lama antibodi bertahan. Namun, Allen dan koleganya mengingatkan orang yang sebelumnya terinfeksi Covid-19 untuk memakai masker dan menjaga jarak sosial, karena mereka masih dapat menularkan virus ke orang lain.

Selain itu, tim peneliti tidak dapat mengetahui apakah antibodi dari infeksi Covid-19 sebelumnya dapat melindungi terhadap varian virus corona baru yang ditemukan di Inggris, Afrika Selatan, dan Brasil.

Baca juga: Pare dan Kayu Manis Bisa Cegah Diabetes

"Saya pikir masih terlalu dini untuk mengetahui tentang tingkat perlindungan," jelas Allen.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2010 seconds (0.1#10.140)