Tingkatkan Literasi Masyarakat, Jasindo Dirikan Taman Baca di Desa Cibadak

Kamis, 29 April 2021 - 22:30 WIB
loading...
Tingkatkan Literasi Masyarakat, Jasindo Dirikan Taman Baca di Desa Cibadak
Kehadiran taman baca tak hanya menjadi sarana bagi masyarakat meningkatkan literasi namun juga mampu membentuk karakter seseorang tentang cara berperilaku. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - PT Asuransi Jasa Indonesia atau Asuransi Jasindo menggandeng Yayasan Bangun Kecerdasan Bangsa (YBKB) membangun sebuah taman baca di Desa Cibadak, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, awal pekan kemarin.

Baca juga: Inilah 3 Gejala Long Covid-19 Terbanyak di Indonesia

Taman baca yang dibangun dengan konsep industrial itu dilengkapi dengan fasilitas 500 buku bacaan dengan tema buku cerita islami , Al-Quran, Iqra, pengetahuan umum, buku cerita anak, ilmu geologi dan lain-lain. Dengan hadirnya taman baca yang mengusung konsep unik dengan koleksi buku yang beragam ini diharapkan mampu menjadi daya tarik tersendiri bagi warga sekitar untuk berkunjung.

Head of CSR & PKBL Asuransi Jasindo, Niniek Mumpuni, Pps., mengatakan bahwa kehadiran taman baca merupakan salah satu hal positif dan perlu didukung oleh semua pihak. Niniek berharap dengan dibangun taman baca ini bisa menjadi salah satu fasilitas penggerak yang menciptakan generasi muda ber-akhlakul karimah.

"Ini merupakan salah satu program kami. Kami berharap semoga dengan adanya taman baca tersebut bisa bermanfaat dan menjadi berkah bagi masyarakat wilayah Cibadak," ujar Niniek dalam keterangan persnya, Kamis (29/4).

Pada saat yang sama, Ketua Yayasan Bangun Kecerdasan Bangsa (YBKB), Putra Aditya Hidayat, mengungkapkan, kehadiran taman baca tak hanya menjadi sarana bagi masyarakat untuk meningkatkan literasi namun juga mampu membentuk karakter seseorang tentang cara berperilaku baik dalam kehidupan sehari-hari.

Tingkatkan Literasi Masyarakat, Jasindo Dirikan Taman Baca di Desa Cibadak


"Sesuai degan visi misi YBKB yaitu menciptakan kehidupan yang lebih baik terutama dalam bidang pendidikan," tukasnya.

Sementara itu, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Ciamis memberikan apresiasi terhadap pembangunan taman baca di wilayahnya. "Saya ucapkan terima kasih telah memilih Kecamatan Banjarsari untuk membangun perpustakaan yang memiliki tujuan mendukung kegiatan literasi di daerah," kata Wiwin, Kabid Pengembangan Pembudayaan Kegemaran Membaca dan Pengembangan Perpustakaan Dinas Perpustakaan Kabupaten Ciamis.

Menurut Wiwin, salah satu faktor penyebab rendahnya literasi warga karena kurangnya fasilitas bagi masyarakat untuk meningkatkan minat baca mereka. "Mudah-mudahan dengan adanya Taman Baca Jasindo menjadi jawaban untuk meningkatkan itu semua," harapnya.

Baca juga: Khasiat Buah Tin dan Zaitun untuk Merawat Kulit

Sebagai salah satu program penunjang taman baca, Karang Taruna Desa Cibadak bakal menggelar kegiatan rutin pekanan seperti aktivitas menanam, lomba menggambar, membuat roket mainan, dan lain-lain sebagai salah satu program penunjang taman baca.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1874 seconds (0.1#10.140)