Inilah 3 Gejala Long COVID-19 Terbanyak di Indonesia

Kamis, 29 April 2021 - 16:48 WIB
loading...
Inilah 3 Gejala Long COVID-19 Terbanyak di Indonesia
Foto Ilustrasi/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Beberapa penyintas COVID-19 tidak sepenuhnya sembuh. Meski mereka sudah dinyatakan negatif setelah menjalani dua kali tes, tapi ada gejala yang tetap bertahan di dalam tubuh. Ini yang kemudian disebut dengan long COVID-19 atau post COVID-19 syndrome.

Di Indonesia, isu long COVID-19 ternyata belum banyak diteliti. Namun, menurut Dokter Spesialis Penyakit Dalam RS Mitra Keluarga Kalideres dr Paskalis Gunawan, SpPD, ada beberapa gejala long COVID-19 yang terdeteksi di Indonesia.



"Penelitian mengenai long COVID-19 di Indonesia belum begitu banyak. Namun, penelitian pendahulu mengatakan 30%-40% pasien COVID-19 di Indonesia mengalami long COVID-19," terangnya dalam webinar 'Seberapa Penting Vaksin COVID-19' yang diinisiasi MNC Life, Rabu (28/4).

Dokter Paskal melanjutkan, ada tiga gejala paling banyak dilaporkan dari fenomena long COVID-19 di Indonesia. Gejala tersebut ialah capek, sesak napas, dan lemas.

"Tapi, gejala tersebut masih terus diteliti untuk memastikan apakah ketiganya berasal dari post COVID-19 syndrome atau ada faktor lain," katanya.

Jadi artinya, sampai saat ini Indonesia masih terus meneliti mengenai long COVID-19. Kemudian, dari tiga gejala terbanyak yang ditemukan itu masih diselidiki lagi apakah ada kaitannya dengan COVID-19 sebelumnya atau memang sifat bawaan dari si pasien.



"Kami belum bisa memastikan, misalnya gejala capek dan lemas, itu apakah long COVID-19 si pasien atau memang pasiennya orangnya malas-malasan. Semoga penelitian lebih lanjut bisa menjawab hal ini," pungkas dr Paskal.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1900 seconds (0.1#10.140)