15 Rekomendasi Film Bertema Islami Terbaik, Cocok Ditonton Selama Ramadhan

loading...
15 Rekomendasi Film Bertema Islami Terbaik, Cocok Ditonton Selama Ramadhan
Rekomendasi 15 Film Bertema Islami Terbaik. Foto/MNC Media.
JAKARTA - Banyak film karya sineas Tanah Air yang mengambil tema tentang islam. Pasalnya, ajaran yang menginspiratif membuatnya menarik untuk diangkat ke layar lebar. Seperti halnya film sejarah, biografi, hingga kisah-kisah para tokoh yang menginspirasi.

Hal ini tak mengherankan, jika film bertema religi banyak disukai penonton. Terlebih, film ini banyak memberikan pelajaran hidup dan kisah inspiratif. Berikut rekomendasi film bertema islami yang bisa ditonton bersama keluarga selama bulan Ramadhan .

1. 99 Cahaya di Langit Eropa

Film 99 Cahaya di Langit Eropa merupakan adaptasi dari novelberjudulsama karya Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra. Film yang dirilis oleh Maxima Pictures ini menceritakan tentang pengalaman hidup Hanum ( Acha Septriasa ) dan Rangga (Abimana Aryasatya) di Eropa. Pasangan suami istri itu tinggal di Eropa lantaran Rangga mengambil kuliah doktor di Wina, Austria.



Setelah pindah ke Eropa, Hanum merasa bosan karena tidak memiliki kegiatan selagi menunggu suaminya pulang kuliah. Ia kemudian memutuskan untuk mencari pekerjaan dan bertemu dengan seorang wanita Turki, Fatma Pasha (Raline Shah). Keduanya semakin dekat, bahkan Hanum banyak belajar Islam dari Fatma. Tak jarang, Fatma menemani Hanum untuk mengeksplor sejarah Islam di Eropa.

Baca Juga : Film-Film Pemenang Oscar Ini Angkat Tema yang Antimainstream

2. Sang Kiai


Sang Kiai adalah film dengan latar belakang masa penjajahan Jepang. Diceritakanpengibaran bendera merah putih dilarang karena masyarakat diminta untuk mengikuti ajaran Seikerei (penghormatan terhadap matahari) yang dilarang dalam agama Islam. Hal ini membuat kaum Muslim di Indonesia memberontak.

Salah satu yang dicurigai atas pemberontakan tersebut adalah KH Hasyim Asyari, seorang kiai dari Pesantren Tebuireng. KH Hasyim Asyari ditahan karena tidak mengikuti perintah komandan Jepang untuk melakukan Seikerei. Penahanan KH Hasyim Asyari ini membuat para santri di wilayah Jawa dan Madura geram hingga melakukan demo.

3. Dalam Mihrab Cinta

Film yang disutradarai oleh Habiburrahman El Shirazy, Dalam Mihrab Cinta mengisahkan tentang pembuktian Syamsul (Dude Harlino). Syamsul sempat menjadi seorang santri di pondok pesantren Al Furqon. Namun,ia dikeluarkan karena tuduhan pencurian oleh teman dekatnya, Bahrun (Boy Hamzah). Kemudian karena keluarganya sendiri juga tidak mempercayainya, hingga benar-benar membuat Syamsul menjadi seorang pencopet. Namun, Syamsul ternyata masih memiliki keinginan untuk kembali ke jalan yang benar.



4. Negeri 5 Menara

Film Negeri 5 Menara diadaptasi dari novel karya Ahmad Fuadi dengan judul sama. Film inimenceritakan kehidupan enam santri dari enam daerah yang berbeda menuntut ilmu di Pondok Madani, Ponorogo, Jawa Timur. Mereka adalah Alif Fikri Chaniago dari Maninjau, Raja Lubis dari Medan, Said Jufri dari Surabaya, Dulmajid dari Sumenep, Atang dari Bandung, dan Baso Salahudin dari Gowa. Perjuangan keenam sahabat ini tidaklah mudah terutama dalam mencapai pendidikan tinggi.

5.Perempuan Berkalung Sorban

Film ini memiliki hikmah dan pelajaran yang luar biasa untuk para wanita. Perempuan Berkalung Sorban merupakan salah satu film religi Indonesia terbaik yang pernah dibuat. Dengan latar belakang cerita dunia dan kehidupan di pondok pesantren, film ini mengisahkan tentang kehidupan wanita dan bagaimana kehidupan wanita yang terlalu banyak dibatasi.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top