Air Terjun Eksotis Ini Bisa Jadi Pilihan Berwisata Lebaran di Jabar

Selasa, 04 Mei 2021 - 05:21 WIB
loading...
Air Terjun Eksotis Ini Bisa Jadi Pilihan Berwisata Lebaran di Jabar
Objek wisata air terjun di Jabar bisa menjadi alternatif destinasi liburan. Foto-Foto/Istimewa
A A A
BANDUNG - Pemerintah telah menetapkan larangan mudik lebaran dalam kurun waktu 6-17 Mei 2021. Namun, selama masa tersebut, kegiatan pariwisata tetap diizinkan.

Meski begitu, pemerintah memberikan catatan bahwa masyarakat hanya boleh berwisata di kabupaten/kota asal domisili atau dalam satu kawasan aglomerasi. Nah, bagi warga Jabar yang ingin berwisata di tengah suasana lebaran, terdapat sejumlah destinasi wisata yang layak dikunjungi, mulai pantai hingga pegunungan.



Namun, bicara soal objek wisata, wilayah Jabar yang terbagi menjadi 18 kabupaten dan 9 kota ini juga memiliki potensi wisata yang tak kalah keren, yakni air terjun atau yang dikenal dengan istilah curug.

Sejumlah objek wisata air terjun di Jabar ini pun bisa menjadi alternatif pelesir bagi Anda yang bosan dengan pantai atau wisata swafoto semata. Berikut beberapa destinasi wisata air terjun atau curug yang bisa menjadi salah satu daftar tujuan berlibur.

1. Curug Jagapati

Air Terjun Eksotis Ini Bisa Jadi Pilihan Berwisata Lebaran di Jabar


Curug Jagapati terletak di Desa Neglasari, Kecamatan Cisompet, Kabupaten Garut, yang berjarak sekitar dua jam perjalanan dari Jalan Raya Garut-Cikajang. Untuk menuju curug, Anda perlu berjalan kaki. Karena itu, pengunjung disarankan menggunakan alas kaki yang nyaman.

Selain dimanjakan pemandangan air terjun yang eksotis, pengunjung juga akan disuguhi rindang dan asrinya pepohonan di sekitar lokasi. Salah satu tujuan favorit pengunjung untuk datang ke sini yaitu berfoto dengan latar air terjun yang indah.

Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati kolam renang alami yang cocok untuk menyegarkan badan setelah perjalanan menuju Curug Jagapati. Airnya yang jernih bisa jadi penawar penat Anda.

2. Curug Cikondang

Air Terjun Eksotis Ini Bisa Jadi Pilihan Berwisata Lebaran di Jabar


Curug Cikondang belakangan menjadi salah satu destinasi wisata alam yang mulai banyak didatangi wisatawan. Lokasinya ada di Desa Sungkadana, Kecamatan Cempaka, Kabupaten Cianjur yang berjarak sekitar 37 kilometer dari pusat Kota Cianjur.

Curug Cikondang punya karakter yang unik jika dibandingkan curug lain. Curug Cikondang relatif tidak terlalu tinggi, namun punya badan yang cukup lebar. Bahkan, Curug Cikondang kerap dijuluki Niagara Mini.

Paduan air terjun yang indah dan panorama alam yang hijau bisa menyegarkan mata sekaligus menenangkan jiwa. Tak heran jika banyak wisatawan dari berbagai daerah menjadikan Curug Cikondang sebagai tujuan wisata khususnya di akhir pekan.

Tak cuma bisa menikmati indahnya panorama dari atas air terjun serta pemandangan alam di sekitarnya yang hijau dan asri, pengunjung juga dapat memacu adrenalin dengan canyoning, tepat di dalam curug tersebut. Pasti faktor keamanan diutamakan karena ada tim lifeguard yang memandu.

Curug Cikondang juga menyediakan fasilitas lahan untuk tenda bagi pengunjung yang mau bermalam di dekat Curug Cikondang. Bisa dibayangkan serunya menginap sambil ditemani suara derasnya air Curug Cikondang.

3. Curug Cikaso

Air Terjun Eksotis Ini Bisa Jadi Pilihan Berwisata Lebaran di Jabar


Curug Cikaso menjadi salah satu air terjun paling keren di Jabar. Curug Cikaso merupakan salah satu bagian dari Geopark Ciletuh yang berlokasi di Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi.

Untuk sampai ke Curug Cikaso, dari pintu masuk destinasi, pengunjung bisa menggunakan perahu sekitar satu kilometer sambil menyusuri sungai atau bisa jalan kaki sambil melihat pesawahan dan pepohonan.



Curug Cikaso menawarkan keindahan air terjun yang jernih berwarna hijau kebiruan yang dikelilingi pepohonan nan rimbun. Saking indah, banyak wisatawan yang menganggap curug ini seperti lukisan.

Air dari Curug Cikaso memiliki tiga jalur air terjun cantik yang diberi nama Curug Asepan (kiri), Curug Meong (tengah), dan Curug Aki (kanan). Ketiga tumpahan air tersebut ditampung di sebuah kolam besar yang sangat cocok digunakan berenang atau bermain air. Selain airnya mengalir dengan sangat deras, curug ini juga memiliki air yang sangat segar dan indah.

Itulah beberapa rekomendasi destinasi wisata air terjun yang bisa dijadikan tujuan berlibur bersama keluarga atau teman. Selamat berlibur serta tetap jaga protokol kesehatan dan kebersihan.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.9627 seconds (0.1#10.140)