Resep Kue Kastengel Tanpa Cetakan ala Chef Devina Hermawan

Jum'at, 07 Mei 2021 - 17:40 WIB
loading...
Resep Kue Kastengel Tanpa Cetakan ala Chef Devina Hermawan
Resep Kue Kastengel Tanpa Cetakan ala Chef Devina Hermawan. Foto/YouTube.
A A A
JAKARTA - Selain nastar , kastengel menjadi salah satu kue khas Lebaran yang umumnya ada di setiap rumah. Lebaran yang tinggal menghitung waktu, ini waktunya Anda membuatnya di rumah bersama dengan keluarga tercinta.

Lewat kanal YouTube pribadinya, Chef Devina Hermawan pun membagikan resep membuat kastengel, tanpa cetakan dan dijamin renyah. Tertarik untuk membuatnya?

Berikut resep membuat kastengel dikutip dari YouTube Devina Hermawan, Jumat (17/24).


Bahan :
90 gr wijsman
90 gr mentega (unsalted butter), jika menggunakan margarin takaran garam kurangi
10 gr gula halus
2 butir kuning telur (ukuran besar)
50 gr keju parmesan parut
50 gr keju edam parut
50 gr tepung maizena
200 gr tepung protein rendah
4-8 gr baking powder (sesuai selera)
2-4 gr garam laut atau 1-2 gr garam rafinasi halus
10 gr susu bubuk

Topping :
1 butir kuning telur
½ sdm susu cair
Pewarna kuning secukupnya
Keju cheddar atau parmesan, parut secukupnya


Cara membuat :
Kocok wijsman, mentega, dan gula halus hingga pucat dan mengembang. Masukkan kuning telur satu per satu, aduk lagi sebentar. Campurkan tepung, maizena, baking powder, garam, dan susu bubuk lalu aduk rata kemudian saring ke dalam adonan mentega, aduk dengan spatula hanya sampai tercampur rata.

Masukan keju edam dan keju parmesan parut, aduk sebentar menggunakan tangan. Jika ingin menggunakan keju cheddar parut, sebaiknya keju cheddar parut disimpan 2-3 hari di dalam kulkas dalam keadaan terbuka supaya kering. Ambil adonan lalu pipihkan dengan ketebalan kurang lebih 0,5 cm, potong sepanjang 5 cm atau sesuai selera.

Olesi dengan campuran kuning telur dan susu di permukaannya, taburi dengan keju parut kemudian tekan menggunakan scraper atau spatula agar keju menempel. Potong adonan selebar kurang lebih 1 cm atau sesuai selera, pastikan ukuran dan ketebalan kue seragam.


Pindahkan ke atas loyang yang sudah dialasi dengan baking paper dan pastikan diberi jarak, panggang dengan suhu 140°C selama 40-50 menit tergantung ukuran kue. Setelah dingin, simpan kastengel di wadah kedap udara.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2026 seconds (0.1#10.140)