Bipang Ambawang Viral, Jubir Jokowi Sebut Itu Jajanan Zaman Dulu

loading...
Bipang Ambawang Viral, Jubir Jokowi Sebut Itu Jajanan Zaman Dulu
Bipang. Foto/Istimewa
JAKARTA - Promosi kuliner Nusantara yang disampaikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) malah menjadi perbincangan netizen. Dalam sebuah unggahan video, Jokowi sempat menyebut bipang asal Ambawan, Kalimantan Barat, adalah salah satu kuliner khas yang bisa dibeli sebagai oleh-oleh Lebaran.

"Untuk Bapak/Ibu dan saudara-saudara yang rindu kuliner khas daerah atau yang biasanya mudik membawa oleh-oleh, tidak perlu ragu untuk memesannya secara online. Yang rindu makan gudeg Jogja, bandeng Semarang, siomay Bandung, empek-empek Palembang, bipang ambawang dari Kalimantan, dan lain-lain tinggal pesan, dan makanan kesukaan akan diantar sampai ke rumah," kata Jokowi dalam video tersebut.

Baca Juga: Mengenal Bipang, Makanan Khas Kalimantan yang Viral Karena Disebut Jokowi

Bipang yang merupakan singkatan dari babi panggang adalah salah satu kuliner khas Ambawang. Kuliner satu ini non-halal dan biasa dikonsumsi oleh masyarakat di daerah tersebut yang mayoritas non-muslim.



Dikutip dari video Instagram @temeninmakan dijelaskan bahwa bipang Ambawang merupakan kuliner paling laris dan viral. Banyak pengunjung yang datang untuk menikmatinya.

"Bipang Ambawang yang terkenal banget. Di sini yang terkenal, yaitu ada babi panggang yang satu ekor gitu guys. Jadi di sini aku mau pesan bareng teman-teman buat makan. Nah, jadi di sini ada babi panggangnya yang crispy banget nih ini khas Ambawang dan ini wangi buanget," katanya.

Sementara itu, Juru Bicara Presiden Jokowi Fadjroel Rachman mengunggah sebuah makanan bernama bipang. Makanan ini tampak seperti jajanan ringan yang biasa dijual di pasar atau warung-warung kecil.

Dalam akun Twitternya, @fadjroeL, ia mengatakan, bipang adalah jajanan khas dulu. Di setiap daerah penyebutannya pun berbeda-bedan, namun terdengar serupa.

"BIPANG adalah NAMA GENERIK makanan jaman dulu khas Kalimantan (Bepang), Sulawesi (Bepang) & Jawa (Jipang). Dikampungku Kalimantan Selatan, contohnya Bipang AA produksi Bahrul Ilmi (Desa Pingaran Ilir, Kec. Astambul, Kab. Banjar Martapura," tulis Fadjroel.

Baca Juga: Cara Membuat Bipang Ambawang, Babi Panggang yang Disarankan Jokowi untuk Oleh-Oleh Lebaran



Sementara itu di daerah lain seperti Sumatera dan Jawa Barat, makanan tersebut disebut dengan tenteng. Rasanya manis, gurih, teksturnya juga cukup renyah. Bipang/jipang/tenteng ini terbuat dari beras ketan putih, dicampur dengan gula, garam, dan bahan-bahan lain.

Biasanya jajanan ini sangat mudah ditemui di pasaran, misal di warung-warung sembako hingga dijual bebas di berbagai macam e-commerce atau toko online lain.
(tsa)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top