Ini Penyebab Janin Kecil Seperti Dialami Aurel Hermansyah

Rabu, 12 Mei 2021 - 14:21 WIB
loading...
Ini Penyebab Janin Kecil Seperti Dialami Aurel Hermansyah
Aurel Hermansyah. Foto/Instagram
A A A
JAKARTA - Aurel Hermansyah tengah hamil anak pertama. Namun, janin yang dikandungnya kecil meski sudah memasuki usia kehamilan 5 minggu. Ada beberapa penyebab yang membuat janjin yang dikandung istri Atta Halilintar itu kecil.

Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan Primaya Hospital Bekasi Timur dr Nina Martini Somad, SpOG, menduga bahwa janin Aurel Hermansyah kecil akibat masa suburnya yang agak lambat.

Selain itu, sambung dr Nina, di usia kandungan 5 minggu penggambaran secara visual janin belum begitu terlihat jelas dan mungkin itu yang membuat dokter yang melihatnya bahwa janin putri sulung Anang Hermansyah ini kecil.



"Janin baru bisa terlihat jelas itu di usia kandungan 6 minggu. Jadi, wajar saja kalau dokter yang memeriksa Aurel mengatakan janinnya kecil. Tapi, Aurel tidak boleh panik karena masalah ini ada solusinya asal penyebabnya diketahui dengan baik," papar dr Nina, Rabu (12/5).

Di sisi lain, dr Nina menjelaskan ada empat penyebab seorang ibu bisa mengandung janin kecil, berikut ulasannya.

1. Usia kehamilan yang lebih muda dari perhitungan berdasarkan haid terakhir.

"Kondisi ini biasanya terjadi pada ibu-ibu dengan siklus haid panjang, di mana masa suburnya akan lebih lambat terjadi," terang dr Nina.


2. 'Intake' ibu hamil yang kurang atau makanan yang dimakan kurang gizinya. Seperti diketahui, apa yang dimakan ibu hamil akan menentukan sekali bagaimana pertumbuhan janin yang ia kandung.

3. Sirkulasi utero plasenta kurang baik

"Kondisi ini yang akhirnya membuat makanan dari ibu tidak mengalir dengan baik ke janin. Akhirnya, pertumbuhan janin tidak maksimal," kata Nia.

4. Masalah genetik
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1059 seconds (0.1#10.140)