Ini Penyebab Janin Kecil Seperti Dialami Aurel Hermansyah

loading...
Ini Penyebab Janin Kecil Seperti Dialami Aurel Hermansyah
Aurel Hermansyah. Foto/Instagram
JAKARTA - Aurel Hermansyah tengah hamil anak pertama. Namun, janin yang dikandungnya kecil meski sudah memasuki usia kehamilan 5 minggu. Ada beberapa penyebab yang membuat janjin yang dikandung istri Atta Halilintar itu kecil.

Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan Primaya Hospital Bekasi Timur dr Nina Martini Somad, SpOG, menduga bahwa janin Aurel Hermansyah kecil akibat masa suburnya yang agak lambat.

Selain itu, sambung dr Nina, di usia kandungan 5 minggu penggambaran secara visual janin belum begitu terlihat jelas dan mungkin itu yang membuat dokter yang melihatnya bahwa janin putri sulung Anang Hermansyah ini kecil.

Baca Juga : Hamil 5 Minggu Janin Aurel Hermansyah Kecil, Ini Kata Dokter



"Janin baru bisa terlihat jelas itu di usia kandungan 6 minggu. Jadi, wajar saja kalau dokter yang memeriksa Aurel mengatakan janinnya kecil. Tapi, Aurel tidak boleh panik karena masalah ini ada solusinya asal penyebabnya diketahui dengan baik," papar dr Nina, Rabu (12/5).

Di sisi lain, dr Nina menjelaskan ada empat penyebab seorang ibu bisa mengandung janin kecil, berikut ulasannya.

1. Usia kehamilan yang lebih muda dari perhitungan berdasarkan haid terakhir.

"Kondisi ini biasanya terjadi pada ibu-ibu dengan siklus haid panjang, di mana masa suburnya akan lebih lambat terjadi," terang dr Nina.

Baca Juga : Tips Mengatur Pola Makan agar Tetap Sehat Saat Lebaran

2. 'Intake' ibu hamil yang kurang atau makanan yang dimakan kurang gizinya. Seperti diketahui, apa yang dimakan ibu hamil akan menentukan sekali bagaimana pertumbuhan janin yang ia kandung.

3. Sirkulasi utero plasenta kurang baik



"Kondisi ini yang akhirnya membuat makanan dari ibu tidak mengalir dengan baik ke janin. Akhirnya, pertumbuhan janin tidak maksimal," kata Nia.

4. Masalah genetik
(dra)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top