Piring di Rumah Menumpuk saat Lebaran? Begini Cara Mudah Membereskannya

loading...
Piring di Rumah Menumpuk saat Lebaran? Begini Cara Mudah Membereskannya
Saat perayaan Hari Raya Idul Fitri tiba, Anda begitu banyak menyiapkan beragam hidangan khas seperti opor ayam, semur daging, rendang, dan banyak makanan lainnya. / Foto: ilustrasi/BYU
JAKARTA - Saat perayaan Hari Raya Idul Fitri tiba, Anda begitu banyak menyiapkan beragam hidangan khas seperti opor ayam, semur daging, rendang, dan banyak makanan lainnya.

Baca juga: Konsumsi Jenis Makanan Ini Bantu Kesehatan Terjaga Setelah Lebaran

Beragam makanan tersebut memiliki noda yang khas, lemak dan minyak yang menempel. Selain itu, bukan tak mungkin, banyaknya makanan dan kedatangan tamu membuat piring kotor menumpuk di dapur.

Dikutip dari beberapa sumber, berikut adalah cara membersihkan piring kotor dengan mudah saat Lebaran.



1. Pisahkan Sesuai Jenisnya

Sebelum dibersihkan, pisahkan terlebih dahulu peralatan makan yang kotor sesuai jenisnya, seperti gelas dengan gelas, piring dengan piring. Hal itu akan mempermudah proses mencuci.

2. Rendam ke dalam Air Panas

Sebelum dicuci seperti biasa, rendam piring yang penuh noda lemak dan minyak ke dalam campuran air panas dengan sabun pencuci piring lalu cucilah seperti biasa.

3. Pakai Cuka dan Garam

Anda bisa mencuci kembali peralatan makan yang nodanya sulit dihilangkan dengan campuran cuka dan garam, lalu bersihkan lagi dengan dibilas air.



Baca juga: Resep Ketupat Sayur, Hidangan Wajib saat Lebaran

4. Cuci Piring Secara Bertahap

Apabil Anda merasa lelah dengan banyaknya aktivitas selama Lebaran, Anda bisa membersihkan gelas dan piring secara bertahap. Ini akan terasa lebih ringan daripada mencuci sekaligus.
(nug)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top