Bosan dengan Ketupat? Berikut 5 Alternatif Pengganti saat Lebaran

Jum'at, 14 Mei 2021 - 10:12 WIB
loading...
A A A
3. Lemang

Lemang merupakan makanan khas daereah Tebing Tinggi, Sumatera Barat. Di kota asalnya, lemang sangat populer sehingga banyak yang mencoba melestarikannya dengan cara menggelar acara bertema kuliner yang diadakan secara rutin.


Untuk membuat lemang diperlukan kesabaran yang ekstra karena lamanya proses pemasakan. Setidaknya diperlukan waktu sekitar 4 jam untuk menghasilkan lemang yang gurih dan kaya rasa.

Meskipun prosesnya lama terbukti banyak yang tertarik karena kelezatannya yang mampu memanjakan lidah siapa saja yang menyantapnya. Lemang tidak hanya cocok dinikmati bersama sajian gurih, tetapi juga dengan pendamping tapai.

4. Lepet

Lepet merupakan salah satu makanan khas Betawi, Jawa dan Sunda yang terbuat dari bahan utama beras ketan. Bentuknya serupa dengan lontong, namun teksturnya lebih lengket.

Rasa manis dari lepet dihasilkan dari penggunaan campuran santan dan kacang. Sajian khas ini menggunakan daun janur atau kulit jagung manis sebagai pembungkusnya.

5. Papeda

Papeda merupakan sajian yang berbentuk bubur sagu dan kerap disajikan dengan ikan tongkol atau mubara yang dibumbui dengan kunyit. Ciri khas dari papeda adalah teksturnya yang lengket seperti lem, berwarna putih dengan rasa yang tawar.

Makanan ini memiliki cukup kandungan nutrisi untuk tubuh, kaya serat dan rendah kolestrol. Dengan banyaknya kandungan nutrisi yang ada pada papeda, papeda bisa menjadi alternatif pengganti ketupat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1079 seconds (0.1#10.140)