Pandemi Covid-19 Belum Selesai, India Diserang Infeksi Jamur Hitam

Sabtu, 15 Mei 2021 - 11:50 WIB
loading...
Pandemi Covid-19 Belum Selesai, India Diserang Infeksi Jamur Hitam
Pandemi Covid-19 Belum Selesai, India Diserang Infeksi Jamur Hitam. Foto/Quartz India.
A A A
JAKARTA - Pandemi Covid-19 belum selesai, India diserang infeksi jamur hitam atau mucormycosis. Infeksi ini menyerang pasien Covid-19 yang mengonsumsi obat steroid sehingga membuat pandemi di negara tersebut menjadi lebih rumit.

Menurut beberapa informasi, infeksi ini terjadi sebagai bentuk efek jangka panjang dari pengobatan yang kuat pada pasien Covid-19 kondisi parah. Infeksi jamur hitam tergolong penyakit langka dan dapat berakibat fatal dalam beberapa kasus.

Mucormycosis sendiri adalah infeksi dari kelompok jamur mucormycetes. Jamur hitam ini banyak ditemukan di lingkungan alami, terutama di tanah. Meskipun jarang terjadi, tapi kasus ini telah ada selama beberapa dekade, tapi hanya berdampak pada mereka yang memiliki kondisi kesehatan dan sistem kekebalan tubuh yang sangat lemah akibat penggunaan steroid.



Dilansir dari Quartz India, Sabtu (15/5) menjelaskan bahwa infeksi jamur hitam meningkat di India karena banyak pasien Covid-19 di negara tersebut yang menerima obat steroid seperti deksametason, terutama di antara penderita diabetes .

"Tidak semua orang mengalami infeksi jamur hitam, tapi penggunaan terapi steroid yang tidak terkendali dan tidak diawasi seringkali dapat memperburuk keadaan bahkan bagi pasien yang tidak berisiko," terang laporan tersebut.

Meskipun belum diklarifikasi sebagai wabah baru di tengah tsunami Covid-19 di India, Dewan Riset Medis India, organisasi penelitian utama pemerintah, telah merilis serangkaian pedoman untuk mengenali dan mengobati mucormycosis atau infeksi jamur hitam.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2313 seconds (0.1#10.140)