Ini Beberapa Cara yang Bisa Membantu Merawat Kesehatan Mental

Sabtu, 23 Mei 2020 - 06:36 WIB
loading...
Ini Beberapa Cara yang Bisa Membantu Merawat Kesehatan Mental
Kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik. / Foto: ilustrasi/inc.com
A A A
JAKARTA - Kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik. Perlu diketahui bahwa persepsi kesehatan yang baik itu tidak hanya terbatas bagaimana fungsi tubuh berjalan dengan baik tetapi juga harus sama seimbangnya dengan rasa bahagia yang berkaitan dengan mental.

Menurut WHO, orang dengan gangguan mental meninggal 10-20 tahun lebih awal daripada orang normal. Pasalnya, orang dengan gangguan mental rentan bunuh diri, yang merupakan penyebab utama kematian kedua.

Adanya kasus tersebut, menunjukkan betapa pentingnya kesehatan mental bagi psikologis seseorang. Sebagaimana menukil Boldsky, berikut beberapa cara yang bisa membantu merawat kesehatan mental Anda.

1. Pahami Kesehatan Mental Anda

Banyak orang tidak menerima kenyataan bahwa mereka sedang memiliki semacam gangguan mental karena ketakutan sosial. Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah dengan menerima kondisi ini tanpa rasa takut dan memahami penyebabnya.

2. Lakukan Hal yang Menyenangkan

Depresi dapat membuat seseorang merasa kesepian, ketika mulai merasakan hal tersebut Anda bisa mengalihkan pikiran ke hal-hal yang Anda sukai seperti menonton film, bermain game atau melakukan hobi baru.

3. Bicara jika Ada Masalah

Cara terbaik untuk menyingkirkan masalah yang berkaitan dengan mental adalah bicara dengan orang sekeliling, karena membagikan perasaan yang sedang Anda rasakan kepada teman atau keluarga dapat membantu melepaskan stres dan menenangkan pikiran.

4. Tidur yang Cukup

Saat ini begitu banyak orang yang menjadi super sibuk karena pekerjaan dan menyebabkan timbulnya masalah-masalah dalam kehidupan sehingga sering melupakan tidur yang berkualitas. Tidur cukup setidaknya 7 jam sehari bisa menjaga kesehatan mental Anda.

5. Pilihan Makanan

Kualitas dan pilihan makanan dalam keseharian sangat mempengaruhi kesehatan mental. Saat ini, banyak orang yang lebih memilih makanan yang kurang sehat, konsumsi junk food, itu bisa berdampak ke masalah kesehatan mental. Pilihlah buah-buahan dan sayuran karena sangat baik bagi kesehatan secara keseluruhan.

6. Olahraga

Jika pikiran sehat, pasti tubuh pun ikut sehat. Beberapa penelitian menemukan bahwa olahraga adalah cara terbaik untuk melepaskan stres, karena dengan berolahraga setiap hari dapat membuat tetap bugar secara fisik dan mental.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1346 seconds (0.1#10.140)