Tanpa Merusak Tekstur, Begini Cara Menghangatkan Sisa Makan Malam buat Sarapan

Rabu, 19 Mei 2021 - 03:24 WIB
loading...
Tanpa Merusak Tekstur, Begini Cara Menghangatkan Sisa Makan Malam buat Sarapan
Sisa menu makan malam biasanya dimanfaatkan sebagian besar orang untuk kembali disantap sebagai sajian sarapan di keesokan harinya. / Foto: ilustrasi/ist
A A A
JAKARTA - Sisa menu makan malam biasanya dimanfaatkan sebagian besar orang untuk kembali disantap sebagai sajian sarapan di keesokan harinya.

Baca juga: Kembali dari Kampung Halaman, Para Pemudik Harus Karantina Mandiri 5 Hari

Tapi perihal menghangatkan makanan sisa semalam ini perlu dilakukan dengan cara yang tepat, agar tekstur makanan tidak berubah sehingga Anda tetap berselera untuk menyantapnya.

Bagaimana cara tepat untuk menghangatkan makanan sisa makan malam untuk sarapan tanpa merusak tekstur aslinya? Merangkum Huffingtonpost, Selasa (18/5) mari simak paparannya di bawah ini.

1. Telur

Tips dari Chef Matthew Smith, untuk menghangatkan telur contohnya sisa telur orak-arik ialah dengan menggunakan piring yang tahan untuk di-microwave. Masukkan sisa telur orak-arik yang dingin ke piring dan tambahkan satu sendok teh susu, lalu tutup dengan longgar dan microwave dengan panas tinggi selama 20-25 detik. Setelah itu, keluarkan lalu aduk semuanya. Lalu untuk telur rebus, pertama rebus dulu air hingga mendidih lalu masukkan telur rebus dingin pelan-pelan ke dalam air mendidih tersebut, biarkan selama 1-2 menit, lalu langsung angkat.

2. Pizza

Menggunakan air fryer selama 8-10 menit disebutkan jadi cara terbaik untuk menghangatkan pizza yang sudah dingin dan mengeras, agar pizza bisa kembali renyah dan lembut seperti semula. Jika tidak punya air fryer, hangatkan pizza memakai oven. Tips dari Chef Fabio Viviani, taruh slice pizza di wadah atau nampan beralaskan kertas, panaskan sampai 425 derajat fahrenheit. Setelah oven dipanaskan sebelumnya, masukkan pizza ke dalam oven selama 4-5 menit. Dengan cara ini, kulit pizzanya akan renyah dengan tekstur renyah yang enak, dan kejunya akan memiliki karamelisasi serta warna kecoklatan yang bagus.

3. Daging steak

Dalam memanaskan daging steak agar kembali juicy dan lembut sempurna, bisa coba trik dari Chef Monica Leon satu ini. Panaskan teflon atau wajan di atas api besar, masukkan butter dan potongan daging steak. Masak selama 1 sampai 2 menit di setiap sisinya sampai lapisan seperti kerak pada steak tersebut. Pastikan jangan sampai daging steak menjadi overcook alias terlalu matang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1212 seconds (0.1#10.140)