Kenali Risiko dan Penyebab Sepsis, Penyakit yang Diderita Wimar Witoelar sebelum Meninggal

Rabu, 19 Mei 2021 - 15:13 WIB
loading...
Kenali Risiko dan Penyebab Sepsis, Penyakit yang Diderita Wimar Witoelar sebelum Meninggal
Foto Ilustrasi/Shutterstock/Sanchai Khudpin
A A A
JAKARTA - Mantan Juru Bicara Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid alias Gus Dur, Wimar Witoelar (WW), meninggal dunia hari ini, Rabu (19/5). Dia meninggal di usia ke 75 tahun setelah menjalani perawatan selama beberapa hari.

Sebelum meninggal, Wimar sempat didiagnosis mengalami sepsis atau timbulnya peradangan karena infeksi. Dia pun sempat kritis dan dilarikan ke Rumah Sakit Pondok Indah.

Direktur InterMatrix Communication (IMX) Erna Indriana mengonfirmasi kabar berpulangnya Wimar Witoelar lewat pesan tertulis di Jakarta. Ia menerangkan, jasad Wimar rencananya akan dimakamkan di TPU Tanah Kusir, Jakarta. Namun, Erna belum dapat memberi informasi lebih lanjut mengenai waktu pemakaman.

Baca Juga: Wimar Witoelar Meninggal, Anies Baswedan: Bangsa Ini Kehilangan Intelektual yang Visioner

Lantas, apa itu sepsis?

Meski jarang didengar, nyatanya sepsis merupakan salah satu komplikasi berbahaya yang menyerang lebih dari 30 juta orang. Berdasarkan data dari WHO, penyakit ini menyebabkan kematian pada 6 juta korban di dunia.

Oleh karena itu, bulan September ditetapkan oleh Sepsis Alliance sebagai Sepsis Awareness Month sejak 2011. Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan kewaspadaan masyarakat terhadap komplikasi sepsis yang masih jarang diketahui.

Sepsis adalah komplikasi yang disebabkan oleh infeksi. Komplikasi ini menyebabkan tekanan darah turun drastis dan berakibat pada kerusakan organ-organ tubuh. Sepsis muncul ketika sistem kekebalan tubuh aktif untuk melawan infeksi secara tak terkendali.

Sepsis dapat timbul dari infeksi bakteri, virus, atau jamur pada bagian tubuh dan organ manapun. Hal-hal inilah yang membuat sepsis berbahaya hingga dapat berujung pada kematian.

Komplikasi ini dapat menyerang siapa pun yang sedang mengalami infeksi. Namun, terdapat beberapa golongan yang rentan terhadap komplikasi Sepsis. Yaitu orang tua, wanita hamil atau menyusui, bayi yang baru lahir, pasien yang tengah dirawat, pengidap HIV/AIDS, pengidap sirosis hati, pengidap kanker, pengidap penyakit ginjal, pengidap penyakit autoimun, dan orang tanpa limpa.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1211 seconds (10.101#12.26)