Tersertifikasi CHSE, Hotel Four Points Sheraton Manado Siap Bangkitkan Industri Pariwisata

Kamis, 20 Mei 2021 - 21:21 WIB
loading...
Tersertifikasi CHSE, Hotel Four Points Sheraton Manado Siap Bangkitkan Industri Pariwisata
Hotel Four Points By Sheraton Manado sudah tersertifikasi CHSE, siap sambut para wisatawan. Foto/MPI/Dimas Choirul
A A A
MANADO - Penerapan protokol kesehatan (prokes) saat pandemi COVID-19 menjadi hal yang sangat penting, terutama di sektor pariwisata. Tujuannya tentu mengembalikan tingkat kepercayaan masyarakat untuk berkunjung ke area wisata, salah satunya hotel.

Seperti halnya Hotel Four Points By Sheraton Manado, Sulawesi Utara (Sulut). Sama seperti hotel lain, hotel ini juga sempat tipis kas saat diterpa pandemi COVID-19 pada awal Mei 2020. Namun, pada November 2020, hotel ini sudah mendapatkan sertifikat CHSE dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf).



Adapun program CHSE adalah penerapan protokol kesehatan yang berbasis pada Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan), dan Environment Sustainability (Kelestarian Lingkungan).

Direktur Operasional Four Points by Sheraton Manado Eri Irmansyah mengatakan, sejak memiliki izin CHSE, terjadi peningkatan jumlah pengunjung di hotelnya. Pengunjung rata-rata masih didominasi wisatawan lokal.

"Itu kita buka saat new normal, ada peningkatan (pengunjung) sedikit, tapi tidak signifikan kalau mengacu pada tahun sebelumnya," kata Eri saat ditemui di kantornya, Rabu (19/5).

Pantauan di lokasi, sebelum memasuki hotel, terlebih dulu para pengunjung melewati pengecekan metal detector, kemudian dicek suhu tubuh sebelum memasuki area lobi di lantai 3.

Eri mengatakan, hal ini merupakan standarisasi hotel untuk memastikan keamanan dan kesehatan para pengunjung. "Selain ada prokes sendiri, kita mengacu pada prokes yang dikeluarkan oleh Kemenparekraf. Dari pengunjung datang sudah ada security. Di situ ada hand sanitizer dan disinfektan di karpet untuk masuk, pengecekan suhu tubuh," jelasnya.

Eri menambahkan, para pengunjung juga dapat mem-booking hotel dan melakukan pembayaran secara online di beberapa platform travel digital tanpa harus datang ke lobi. Tujuannya untuk mencegah antrean di lobi hotel.

Selain itu, lanjutnya, sarapan pagi, makan siang, dan makan malam juga tetap mengindahkan prokes. "Tidak self service. Tapi, dilayani langsung oleh waiter atau pelayanan di prasmanan," tandasnya.



Hotel Four Points by Sheraton Manado merupakan hotel bintang empat di Manado, terdiri atas 17 lantai dengan 257 unit Kamar. Hotel ini menawarkan sejumlah fasilitas. Untuk di kamar hotel, selain tempat tidur, terdapat pula WiFi gratis dan layanan kamar 24 jam, termasuk juga televisi LCD dengan TV kabel. Selain itu, hotel ini menyediakan pula sejumlah peralatan MCK, jubah mandi, kulkas mini, lemari baju, dan setrika.

Di luar hotel terdapat fasilitas parkir, kolam renang outdoor, dan pusat kebugaran 24 jam. Kemudian di sebelah barat hotel juga ada tempat kongkow dengan pemandangan pantai dan berhadapan langsung dengan Pulau Bunaken.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1191 seconds (0.1#10.140)