Mampu Dorong Sektor Pariwisata, Pemprov Sulut Apresiasi Business Matching Mister Aladin

Kamis, 20 Mei 2021 - 22:12 WIB
loading...
Mampu Dorong Sektor Pariwisata, Pemprov Sulut Apresiasi Business Matching Mister Aladin
Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven Kandouw. Foto/MPI/Dimas Choirul
A A A
MANADO - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) mengapresiasi kegiatan Business Matching yang diselenggarakan digital travel agent MNC, Mister Aladin, bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Langkah kolaborasi ini diharapkan mampu mendorong sektor pariwisata di Sulut.

"Ini sebagai suatu wujud komitmen kita bersama untuk membantu secara khusus provinsi Sulawesi Utara dalam konteks kepariwisataan," kata Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw saat ditemui di kantornya, Rabu (19/5).



Steven mengatakan, sebagai daerah yang masuk dalam kategori superprioritas Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), Sulut diharapkan mampu mendongkrak pasar wisatawan yang lebih luas. "Tapi saya yakin kedatangan teman-teman (Mister Aladin dan Kemenparekraf) tidak akan sia-sia. Output dan outcome-nya akan beriringan. Kita lihat, kita rasakan, dan kita ambil manfaatnya," kata Mantan Ketua DPRD ini.

Dikatakan Steven, tren pertumbuhan ekonomi wilayah Sulut cenderung positif selama masa pandemi COVID-19. Hal ini tak lepas dari berbagai faktor yang menunjang kekebalan ekonomi daerah seperti sektor pertanian, perikanan, dan kehutanan.

"Maka Pak Gubernur Olly Donlokambey men-drive sektor-sektor itu, termasuk sektor ini kita cari link-nya, benang merahnya di sektor pariwisata yang selama ini terpuruk," kata Wagub Sulut.

Adapun tiga sektor itu, lanjut Steven, saling beriringan membantu sektor pariwisata. "Pertama, tentunya pelaku kepariwisataan ini secara gampang cepat untuk merelokasi, selain itu mendivertifikasi usahanya, terutama sumber daya manusia," katanya.

Kedua, karena banyaknya tren investasi dari luar masuk ke beberapa sektor usaha di Indonesia memudahkan para pekerja asing masuk ke Indonesia, dan harus diisolasi terlebih dulu.

"Utama kesehatan, setelah dilihat oleh pemerintah pusat kita paling siap menjadi pintu kedatangan tenaga-tenaga profesional dari negara asing. Jadi untuk ke dareah lain semua harus dari Sulut. Dan dengan ini berkah para pelaku perhotelan mereka mendapatkan tamu isolasi selama lima hari. Hanya ada dua pintu gerbang, Jakarta dan Manado. Dan ini sangat membantu kita," papar Steven.

Ia melanjutkan, kedatangan kunjungan domestik saat ini mulai meningkat lagi. Hal itu karena gencarnya promosi yang dilakuakan Kemenparekraf.
"Di samping itu, kita menjadi terkenal karena komitmen kita melaksanakan protokol kesehatan," katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1308 seconds (0.1#10.140)