Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Ketombe Membandel

Sabtu, 22 Mei 2021 - 03:18 WIB
loading...
Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Ketombe Membandel
Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Ketombe Membandel. Foto/Healthline.
A A A
JAKARTA - Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan rambut berketombe. Namun ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan ketombe .

Menurut dermatologis Heidi Prather, ketombe bisa berupa serpihan putih yang rontok. Selain itu, merasa gatal berlebihan di kulit kepala padahal sudah keramas juga bisa menjadi tanda adanya ketombe di rambut.

“Ketombe terjadi ketika kulit tidak terkelupas dengan baik dan kulit mati tersangkut di kulit kepala dan mulai mengelupas dan gatal,” ujar Prather dilansir dari Allure, Jumat (21/5).

Lebih lanjut, Prather menuturkan, ketombe adalah nama umum untuk dermatitis seboroik pada kulit kepala, suatu kondisi yang menyebabkan kulit menjadi merah, bersisik, dan gatal akibat terlalu banyak jamur yang ada di area kulit yang berminyak.



“Satu-satunya perbedaan adalah ketombe terbatas pada kulit kepala, sedangkan dermatitis seboroik dapat memengaruhi area lain, seperti zona-t, dan seringkali menyebabkan peradangan,” tutur Prather.

Walaupun ketombe adalah hal yang umum terjadi, namun jika dibiarkan dapat menghalangi folikel rambut dan mencegah rambut baru tumbuh, yang menyebabkan penipisan rambut. Prather menyarankan untuk menggunakan sampo khusus untuk menghilangkan ketombe.

“Carilah sampo yang mengandung zinc pyrithione, selenium disulfide, sulfur, salicylic acid, ketoconazole, dan tar. Bahan-bahan tersebut dikenal efektif melawan ketombe dan kulit kepala bersisik,” ucap Prather.

Prather juga menyarankan untuk keramas setidaknya dua hari sekali. Ketika keramas, biarkan sampo berada di kulit kepala selama 5 menit. Langkah-langkah ini sangat penting terutama saat cuaca dingin karena dapat memperburuk dermatitis seboroik.


Sementara itu, Lee, seorang pendukung pengobatan alami, mengatakan bahwa ada berbagai pilihan pengobatan di rumah untuk mengatasi ketombe, salah satunya lemon. Air perasan lemon sangat cocok dipakai untuk menyeimbangkan pH level di kulit kepala, terutama bagi penderita rambut berketombe.

“PH yang seimbang akan mengurangi berkembangya ketombe di kulit kepala,” kata Lee.

Selain Lemon, cuka apel menurut Lee juga dapat mengatasi ketombe. Lee menyarankan untuk mengoleskannya ke kulit kepala selama 15 menit kemudian bilas, rambut akan kembali sehat.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1358 seconds (0.1#10.140)