Sering Mengonsumsi Vitamin Secara Berlebihan, Cita Citata Ngaku Idap Gejala Autoimun

Sabtu, 22 Mei 2021 - 13:01 WIB
loading...
Sering Mengonsumsi Vitamin Secara Berlebihan, Cita Citata Ngaku Idap Gejala Autoimun
Cita Citata mengaku mengidap gejala penyakit autoimun sejak 5 tahun lalu. / Foto: Instagram @cita_citata
A A A
JAKARTA - Pengakuan mengejutkan datang dari penyanyi dangdut Cita Citata . Dia mengaku mengidap gejala penyakit autoimun sejak 5 tahun lalu.

Baca juga: Jajaki Dunia Tarik Suara, Tisya Erni Hadirkan Single Aku Beruntung

Hal tersebut, menurutnya, akibat vitamin yang dikonsumsinya secara berlebihan. Sehingga sel darah putih di dalam tubuhnya lebih banyak dari sel darah merah.

"Jadi terlalu banyak minum vitamin kimia itu menyebabkan sel darah putih itu banyak. Sel darah putih itu juga diperlukan untuk menyembuhkan tapi perbandingannya harus 1 banding 4 sama sel darah merah. Jadi kalau sel darah putih terlalu banyak itu berbahaya dan menyebabkan autoimun," kata Cita Citata seperti dikutip dari Starpro Indonesia, Sabtu (22/5).

Pelantun Goyang Dumang itu pun mengakui dirinya memang sering mengonsumsi vitamin bahkan sebelum pandemi virus corona. Terlebih dia memiliki kegiatan yang padat.

Cita Citata juga mengaku sebelumnya sempat mengalami badan kemerahan. Dia pun tak mengetahui itu merupakan gejala autoimun.

"Badan aku merah-merah, aku kira waktu itu habis operasi amandel sembuh. Ternyata sementara, masih merah-merah," katanya.

Perempuan 26 tahun itu pun kemudian memilih untuk menjalani pengobatan alternatif. Dia kemudian mengubah gaya hidupnya dan rutin minum jus.

"Aku jadi, dokter yang lebih ke terapi bukan dari rumah sakit gitu. Lebih ke akupuntur dan dia psikolog darah dan kata dia sel darah putih aku terlalu banyak dan merah-merah itu dari situ. Akhirnya aku beralih ke herbal dan minum jus banyak dan merubah gaya hidupku," ujarnya.

"Beruntungnya dia pun mengaku sudah tak merasakan gatal-gatal dan kemerahan ditubuhnya. Beruntungnya juga dia baru mengalami gejala selama ini."

Baca juga: Bolehkah Makan Menggunakan Tangan Kiri? Bagaimana Hukumnya?

"Kalau yang udah kena mau minum obat apapun susah sembuh, karena udah autoimun kalau minum obat tambah parah," tukasnya.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2412 seconds (0.1#10.140)