5 Tahun Idap Gejala Autoimun, Cita Citata Kini Pilih Makanan Kaya Serat

Sabtu, 22 Mei 2021 - 18:28 WIB
loading...
5 Tahun Idap Gejala Autoimun, Cita Citata Kini Pilih Makanan Kaya Serat
Cita Citata menyarankan agar orang-orang beralih ke vitamin alami untuk terhindar dari penyakit autoimun. / Foto: Instagram @cita_citata
A A A
JAKARTA - Pedangdut Cita Citata mengaku mengalami gejala autoimun selama 5 tahun. Hal itu membuat tubuhnya menjadi sensitif, mudah mengalami kemerahan, dan gatal-gatal.

Baca juga: Sering Mengonsumsi Vitamin Secara Berlebihan, Cita Citata Ngaku Idap Gejala Autoimun

Pelantun lagu Goyang Dumang itu mengungkapkan gejala yang dialaminya tersebut lantaran penggunaan vitamin kimia yang berlebihan selama ini. Sehingga dia menyarankan agar orang-orang beralih ke vitamin alami untuk terhindar dari penyakit autoimun.

"Aku lihat sebenernya ini kayak gunung es yang akan meledak. Orang sekarang kan berlomba-lomba minum vitamin," kata Cita Citata seperti dikutip dari Starpro Indonesia, Sabtu (22/5).

"Menurut aku jangan minum vitamin kimia, mending yang alami aja. Kayak vitamin C dari jeruk, makan serat lebih banyak, dan sayur. Jaga pola tidur dan gaya hidup," imbuhnya.

Meski mengidap gejala autoimun selama 5 tahun, Cita Citata pun mengaku tak ingin terlalu memikirkannya. Terlebih menurutnya stres justru bisa membuat penyakit tambah parah.

"Jadi ya mau enggak mau aku selalu nyempetin satu waktu untuk terapi. Enggak ada obat lagi karena banyak obat malah bahaya. Bukan aku menjatuhkan ilmu kedokteran ya bukan. Tapi setiap orang memiliki pilihan masing-masing jadi akan lebih ke herbal karena memang balik lagi walaupun sembuhnya lama tapi lebih organik dan lebih aman," katanya.

Kini Cita Citata pun masih menjalani untuk memulihkan kondisi tubuhnya. Beruntungnya dia mengaku gejala kemerahan dan gatal-gatal ditubuhnya mulai berkurang.

Baca juga: Apa yang Terjadi jika Kita Mengonsumsi Vitamin dan Mineral Berlebihan?

"Aku masih merasakan merah-merah dan bentol tapi enggak parah kayak dulu," katanya.
(nug)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2083 seconds (11.210#12.26)