Adakah Beda Paparan COVID-19 Pertama dan Kedua seperti Dialami Paula Verhoeven? Ini Penjelasan Dokter

Minggu, 23 Mei 2021 - 17:57 WIB
loading...
Adakah Beda Paparan COVID-19  Pertama dan Kedua seperti Dialami Paula Verhoeven? Ini Penjelasan Dokter
Paula Verhoeven. Foto/YouTube Baim Paula
A A A
JAKARTA - Paula Verhoeven diketahui terpapar COVID-19 untuk kali kedua. Kondisi ini membuat sang suami, Baim Wong, bingung karena sebelumnya Paula tidak menunjukkan gejala sakit apapun.

Lantas, apakah ada perbedaan antara positif COVID-19 yang pertama dan kedua? Bagaimana pula treatment-nya?



Dokter Relawan COVID-19 sekaligus Influencer Kesehatan dr. Muhamad Fajri Adda’i mengatakan, treatment terhadap pasien COVID-19 baik yang pertama maupun kedua, sama saja.

"Treatment untuk orang yang sakit (COVID-19) pertama atau kedua itu sama, nggak ada bedanya," ujarnya saat dihubungi MNC Portal, Minggu (23/5).

Dokter Fajri melanjutkan, soal penyembuhannya tergantung level keparahan si pasien. Contoh, untuk orang tanpa gejala (OTG) seperti Paula, cukup minum vitamin dan istirahat, serta tak lupa untuk isolasi mandiri. Namun, lain halnya jika pasien mengalami gejala yang berat. Maka harus segera dibawa ke rumah sakit. Nantinya semua akan diperiksa seperti pembuluh, sirkulasi, dan peredaran darahnya.

Selain itu perlu diketahui bahwa seseorang yang terpapar COVID-19, gejala dan reaksi yang ditimbulkan sama. Akan tetapi, ada kemungkinan virus yang masuk ini lebih parah atau tidak setelah orang itu divaksin.

"Di situ mungkin yang beda adalah ketika divaksin, terus dia sakit cukup berat. Itu harus mungkin curiga, sebagai referensi untuk varian baru itu paling hebat," terangnya.



Dokter Fajri menyimpulkan bahwa antara orang yang terpapar COVID-19 yang pertama dan kedua tidak ada bedanya. Keduanya sama-sama akan menimbulkan reaksi serupa, sehingga penanganan yang paling utama yaitu menjaga sistem kekebalan tubuh serta meningkatkan kualitas kewaspadaan terhadap COVID-19.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1972 seconds (0.1#10.140)