Benarkah Ada Herbal yang Bisa Mencegah Covid-19?

Selasa, 25 Mei 2021 - 08:27 WIB
loading...
Benarkah Ada Herbal yang Bisa Mencegah Covid-19?
Belum lama ini beredar pesan berantai melalui WA yang menyebarkan daftar obat-obatan dan bahan-bahan herbal yang diklaim dapat mencegah Covid-19. / Foto: ilustrasi/ist
A A A
JAKARTA - Belum lama ini beredar pesan berantai melaluiaplikasi kirim pesan WhatsApp yang menyebarkan daftar obat-obatan dan bahan-bahan herbal yang diklaim dapat mencegah Covid-19. Tak hanya itu, kabar tersebut juga beredar beserta takaran minum dan cara pengolahannya.

Baca juga: 5 Alasan Harus Melakuan Seks Pagi Hari, Banyak Manfaatnya Lho

Tentunya kabar tersebut menjadi pertanyaan besar bagi masyarakat. Banyak masyarakat yang antusias dengan pesan tersebut di tengah meningkatnya kasus positif Covid-19 di Tanah Air. Lantas apakah kabar yang beredar tersebut benar?

Merangkum dari laman Instagram resmi Komite Percepatan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), @lawancovid19_id, Selasa (25/5), faktanya informasi yang beredar tersebut tidaklah benar. Melansir dari laman organisasi kesehatan dunia (WHO), hingga saat ini WHO tidak menyarankan penggunaan obat-obatan tertentu yang dapat mencegah seseorang terjangkit Covid-19.

Hal yang sama juga berlaku dengan herbal. Hingga saat ini penggunaan herbal, seperti jahe belum memiliki bukti ilmiah dapat mencegah Covid-19. Dengan demikian, pesan berantai melalui Whatsapp yang menunjukkan daftar obat-obatan dan bahan-bahan herbal yang dapat mencegah Covid-19 tidak sesuai fakta dan masuk ke dalam kategori konten yang menyesatkan.

Baca juga: Gencarkan Vaksinasi Covid-19 Diharapkan Industri Pariwisata Kembali Tumbuh

Oleh sebab itu, masyarakat diimbau untuk berhati-hati dengan informasi terkait kesehatan yang beredar tidak melalui kanal-kanal resmi, seperti postingan di media sosial atau broadcast pesan di aplikasi chatting.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2798 seconds (0.1#10.140)