Kapalan di Kaki Indikasikan Gejala Diabetes Tipe 2

Rabu, 26 Mei 2021 - 17:36 WIB
loading...
Kapalan di Kaki Indikasikan Gejala Diabetes Tipe 2
Kapalan di Kaki Indikasikan Gejala Diabetes Tipe 2. Foto/Express.
A A A
JAKARTA - Kapalan di kaki dapat mengindikasikan gejala diabetes tipe 2 . Masalah kaki kebanyakan muncul ketika ada kerusakan saraf yang disebabkan oleh kadar gula darah yang tinggi secara konsisten, suatu proses yang disebut neuropati.

Dilansir dari Express, Rabu (26/5) meski bisa terasa sakit, kerusakan saraf diabetes bisa mengurangi kemampuan Anda untuk merasakan sakit, panas, dan dingin, jelas American Diabetes Association (ADA).

Akibatnya, penderita diabetes cenderung mengalami kapalan di kaki mereka. Kapalan merupakan area kulit tebal dan kering yang muncul saat kulit terkena tekanan atau gesekan yang berlebihan.


"Kapalan, jika tidak dipotong, menjadi sangat tebal, pecah, dan berubah menjadi borok (luka terbuka)," kata ADA.

Sangat penting untuk menyadari berbagai masalah kaki terkait dengan diabetes tipe 2. Seperti yang ditunjukkan Diabetes UK, jika tidak ditangani, masalah kaki dapat menyebabkan amputasi.

Menurut Diabetes UK, jika melihat salah satu dari perubahan berikut, Anda perlu menemui dokter umum. Gejala tersebut di antaranya sensasi kesemutan seperti mati rasa, sakit (terbakar), sakit yang tumpul, kulit halus dan berkilau di kaki.


Selain itu, rambut rontok di tungkai dan kaki, hilangnya rasa di kaki Anda, kaki bengkak, kaki tidak berkeringat, luka atau luka yang tidak kunjung sembuh dan kram di betis saat istirahat atau berjalan.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1756 seconds (0.1#10.140)