Agar Anak Anda Bisa Menjadi Pribadi yang Mandiri, Lakukan 6 Hal Ini

Jum'at, 28 Mei 2021 - 06:33 WIB
loading...
Agar Anak Anda Bisa Menjadi Pribadi yang Mandiri, Lakukan 6 Hal Ini
Selama masa remaja, anak-anak mulai mengalami keraguan diri, menjadi sadar akan penampilan dan lingkungannya. / Foto: ilustrasi/Lifehack
A A A
JAKARTA - Selama bertahun-tahun, psikolog klinis dan anak telah sepakat bahwa selama masa remaja , anak-anak mulai mengalami keraguan diri, menjadi sadar akan penampilan dan lingkungannya.

Baca juga: Lebih dari 70 Ribu Dosis Vaksin Sinoparm Disuntikkan lewat Vaksinasi Gotong Royong

Dengan demikian, menjadikan ini usia kritis bagi orang tua untuk membantu anak-anak mereka dalam mengembangkan penerimaan diri, harga diri dan meningkatkan kepercayaan diri mereka secara keseluruhan.

Pada masa ini, anak perempuan mulai memiliki citra tubuh yang negatif dan menjadi tidak aman tentang diri mereka sendiri. Hal ini dapat sangat memengaruhi bahkan menurunkan kepercayaan diri mereka.

Karenanya, sebagai orangtua, berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membantu mereka dengan mengajarkannya untuk menjadi pribadi yang mandiri, sebagaimana dilansir Femina India pada Kamis (27/5).

1. Ajarkan body positivity

Anak perempuan biasanya menghormati ibu mereka pada usia yang mudah dipengaruhi ini. Karenanya, kata-kata dan komentar Anda yang berkaitan dengan tubuh putri Anda dapat meninggalkan dampak jangka panjang padanya.

Anda dapat mempromosikan kepositifan tubuh atau body positivity pada putri Anda dengan mengatakan betapa cantiknya dia, memberikan pujian secara teratur, menghindari terlalu kritis terhadapnya dan membantunya belajar bagaimana menghargai kemampuan tubuhnya.

2. Ajari putri Anda ketegasan

Tidak mudah untuk mengatakan 'tidak' kepada teman atau orang lain di usia ini. Kebanyakan gadis mengembangkan sikap menyenangkan orang selama masa remajanya dan ini membuat mereka lebih sulit untuk bersikap tegas di kemudian hari.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1231 seconds (0.1#10.140)