Dalam Setengah Abad, Populasi Lansia Meningkat Dua Kali Lipat di Indonesia

Jum'at, 28 Mei 2021 - 20:32 WIB
loading...
Dalam Setengah Abad, Populasi Lansia Meningkat Dua Kali Lipat di Indonesia
Selama kurun waktu 50 tahun terakhir, populasi lanjut usia (lansia) di Indonesia meningkat sebanyak dua kali lipat. / Foto: ilustrasi/wef
A A A
JAKARTA - Selama kurun waktu 50 tahun terakhir, populasi lanjut usia ( lansia ) di Indonesia meningkat sebanyak dua kali lipat. Berdasarkan laporan statistik 2020, terdapat 26,82 juta lansia di Indonesia yang merupakan 9,92 persen dari total populasi. Kondisi ini membuat Indonesia menghadapi transisi menuju kondisi penuaan penduduk.

Baca juga: Vision+ Original Series Luncurkan Karya Terbaru, The Waves

Dengan jumlah populasi lansia yang terus meningkat, maka aspek kesehatan menjadi salah satu faktor penting untuk mewujudkan lansia yang sejahtera.

Direktur Kesehatan Kerja dan Olahraga, Kementerian Kesehatan, dr. Riskiyana Sukandhi, M.Kes menjelaskan, usia harapan hidup (UHH) diperkirakan akan terus meningkat dan menyebabkan penduduk lansia bertambah.

"Saat ini, kelompok usia lanjut di Indonesia telah berada di atas tujuh persen dari total keseluruhan penduduk. Jika angkanya sudah mencapai 10 persen, Indonesia akan berubah menjadi negara dengan struktur penduduk tua (ageing population)," terang dr. Riskiyana, dalam webinar 'Rayakan Lansia Sehat, Aktif, dan Bahagia', Jumat (28/5).

Dia menambahkan bahwa kondisi lansia yang sehat bugar dan produktif ditentukan salah satunya oleh aktifitas fisik yang dilakukan secara Baik, Benar, Terukur, danTeratur (BBTT) sejak usia dini. Dalam kesempatan ini, dr. Riskiyana pun membagikan beberapa tips yang bisa dilakukan untuk membuat lansia tetap sehat dan bugar.

Baca juga: Ini Kriteria Juara MasterChef Indonesia RCTI Season 8 yang Segera Tayang Perdana

"Menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), pola makan gizi seimbang dan deteksi dini penyakit agar masyarakat Indonesia sehat, bugar dan tetap produktif di Usia Lanjut."
(nug)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1596 seconds (11.210#12.26)