Manfaat Jeruk Nipis untuk Wajah, Bikin Kulit Sehat dan Awet Muda

Sabtu, 29 Mei 2021 - 13:32 WIB
loading...
Manfaat Jeruk Nipis untuk Wajah, Bikin Kulit Sehat dan Awet Muda
Jeruk nipis bermanfaat untuk membuat kulit sehat dan awet muda. Foto/Healthline
A A A
JAKARTA - Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan sudah tak diragukan lagi. Selain sebagai minuman yang menyegarkan, jeruk nipis juga memiliki manfaat untuk wajah. Jeruk nipis dapat meremajakan kulit hingga mengurangi bintik hitam di wajah.

Melansir Healthline,para peneliti dari Ohio State Biotechnology Centre di kota Columbus, Ohio, Amerika Serikat mengungkapkan bahwa jeruk nipis diduga berasal dari daerah India sebelah utara. Buah jeruk nipis mengandung banyak air dan vitamin C yang tinggi. Daun, buah, dan bunganya, mengandung minyak terbang limonin dan linalool.

Menurut dr Prapti Utami, jeruk nipis kaya akan vitamin dan mengandung sejumlah mineral. Jeruk nipis yang berkhasiat adalah jeruk nipis yang masih segar, berkulit tipis, serta berwarna hijau kekuningan. “Buah jeruk nipis mengandung beberapa zat yang bermanfaat bagi tubuh, antara lain, asam sitrun, glukosa, lemak, minyak atsiri, vitamin C , kalsium, fosfor, belerang, dan asam amino,” ujar Utami.

Baca Juga : Cara Mengatasi Migrain, Salah Satunya dengan Mengonsumsi Jahe

Selain bermanfaat bagi tubuh, ternyata jeruk nipis juga dapat meremajakan kulit wajah. Jeruk nipis mengandung vitamin C dan flavonoid yang dapat melembapkan dan meremajakan kulit.

Selain itu, jeruk npis juga mengandung antioksidan yang dapat memperkuat kolagen. Ini juga dapat membuat kulit tampak lebih sehat. “Aplikasikan beberapa tetes air jeruk nipis pada wajah. Namun, Anda tidak disarankan terkena sinar matahari setelah mengaplikasikan jeruk nipis pada wajah. Sebab ini bisa luka bakar yang menyakitkan,”ujar Utami.

Di sisi lain, sifat antibiotik dari jeruk nipis dapat membantu membersihkan serta mengurangi pertumbuhan bakteri di pori-pori. Karena itulah jeruk nipis dapat mengurangi resiko timbulnya jerawat.

Selain membersihkan wajah, menurut Utami, jeruk nipis juga membantu mengencangkan pori-pori karena fungsinya sebagai astringent. “Astringent umumnya digunakan dalam produk perawatan wajah untuk mengencangkan pori-pori kulit,” ujar Utami.

Baca Juga : Ingin ASI Berlimpah Seperti Citra Kirana? Kuncinya Hati yang Bahagia

Asam sitrat pada jeruk nipis sangat efektif untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Menurut Utami, ketika kulit mati masih menempel pada wajah, membuat wajah terlihat kusam. Sementara itu, ketika menggunakan jeruk nipis dan dibiarkan selama 30 menit, sifat alami dari jeruk nipis dapat membantu menghilangkan bintik-bintik hitam. “Walaupun sering melakukan perawatan ini, perlu diingat untuk selalu menggunakan tabir surya saat beraktifitas di luar ruangan agar terhindar dari timbulnya bintik-bintik di wajah,” ujar Utami.
(wur)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1718 seconds (0.1#10.140)