Mitos Atau Fakta, Vaksin Sebelum Menikah Bikin Mandul

loading...
Mitos Atau Fakta, Vaksin Sebelum Menikah Bikin Mandul
Kali ini bukan hanya konten tips yang dibagikan oleh dr Nadia, tetapi informasi lengkap seputar kesehatan dalam Podcast Kata Dokter. / Foto: ist
JAKARTA - Halo, siapa di sini yang sering lihat konten kesehatan dari dr. Nadia Alaydrus? Dr. Nadia akan membagikan tips menarik seputar kesehatan nih. Kali ini bukan hanya konten tips yang dibagikan oleh dr Nadia, tetapi informasi lengkap seputar kesehatan dalam Podcast Kata Dokter, langsung aja dengerin Podcast Kata Dokter di aplikasi RCTI+.

Baca juga: Capek Hadapi Drama Alfath Fathier, Ratu Rizky Nabila: Mau Jilid Berapa Lagi?

Sebagai pembuka di episode kali ini, dr. Nadia menjelaskan terlebih dahulu apa itu kanker serviks. Nah jadi, kanker serviks itu adalah ketika adanya tumor atau jaringan yang abnormal yang tumbuh di leher rahim. Jadi serviks itu adalah area leher rahim.

"Biasanya gejalanya itu apa aja sih?" Yang pertama itu terjadi pendarahan yang abnormal ketika terjadinya siklus menstruasi yang tidak teratur, adanya darah yang muncul ditengah-tengah siklus menstruasi, dan lain-lain. Dan juga ada gejala lainnya seperti muncul keputihan yang abnormal yang berbau, warnanya coklat kehitaman dan lain-lain. Ada juga gejala yang cukup khas, yaitu nyeri saat berhubungan atau saat berhubungan keluar darah. Nah gejala ini yang perlu diwaspadai untuk terjadinya kanker serviks.



Selain itu, nyeri panggul dan nyeri saat buang air kecil juga termasuk gejalanya. Oleh karena itu, ketika kalian mengalami gejala seperti yang disebutkan, segera waspada dan periksa ke dokter spesialis kandungan ya!

Dr. Nadia kembali memberikan penjelasan terkait vaksin. "Vaksin sebelum menikah bikin mandul?", ternyata itu mitos ya guys! Itu mitos yang sangat sangat mitos.

"Buat kalian cewek-cewek yang ingin melakukan vaksin, jangan percaya ya dengan mitos tersebut," ucap dr. Nadia.

Penasaran dengan pembahasan lebih lanjut? Langsung aja dengerin hanya di Podcast Kata Dokter bersama dr. Nadia Alaydrus eksklusif hanya di aplikasi RCTI+ atau langsung klik link ini: https://radio.rctiplus.com/player-music?contentType=podcast&contentId=4270 .

Baca juga: Hindari Aktivitas di Luar Rumah Pasca Libur Lebaran

Download aplikasi RCTI+ di Play Store dan App Store untuk bisa menikmati banyak konten seru lainnya atau melalui link https://www.rctiplus.com .
(nug)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top