Kurangi Jejak Karbon, Supermarket Papaya Gunakan Solstice N40

loading...
Kurangi Jejak Karbon, Supermarket Papaya Gunakan Solstice N40
Penggunaan teknologi ini menjadikan Papaya sebagai supermarket pertama di Indonesia yang menggunakan Solstice N40. / Foto: ist
JAKARTA - Supermarket Papaya Fresh Gallery telah mengaplikasikan refrigeran Solstice N40 (R-448A) dari Honeywell. Sistem pendingin tersebut digunakan di seluruh cabang Papaya di Indonesia.

Baca juga: Perempuan dan Kelompok Usia 35-49 Tahun Paling Rentan Terkena Long Covid

Penggunaan teknologi ini menjadikan Papaya sebagai supermarket pertama di Indonesia yang menggunakan Solstice N40, kimia refrigeran yang ramah lingkungan dan memiliki potensi pemanasan global sangat rendah. Penggunaan Solstice N40 dapat membantu Papaya mengurangi konsumsi energi mesin pendinginnya 10% lebih rendah dibandingkan dengan refrigeran R-404A yang digunakannya saat ini.

Berbasis teknologi hydrofluoroolefin (HFO), Solstice N40 memiliki nilai GWP 68 persen lebih rendah dibandingkan pendingin hydrofluorocarbon (HFC) seperti R-404A. Dengan Solstice N40, konsumsi energi juga lebih sedikit dan efisien dibandingkan sistem pendinginan dengan menggunakan teknologi HFC.



Melalui riset yang dilakukan di beberapa supermarket di Amerika Serikat dan Eropa, Solstice N40 terbukti mampu mengurangi konsumsi energi rata-rata sebesar 5-15% lebih rendah dibandingkan dengan R-404A.

Solstice N40 dapat digunakan di mesin pendingin baru maupun lama sebagai retrofit refrigeran pada pendingin ber-GWP tinggi, seperti R-404A dan R-507. Lewat kerja samanya dengan Honeywell dan perusahaan manufaktur peralatan pendingin asal Jepang, Fukushima Galilei, Papaya berkomitmen untuk memperbarui seluruh sistem pendingin komersial yang ada di cabang-cabang Papaya di seluruh Indonesia.

"Kami memilih Solstice N40 karena teknologi ini paling diterima di industri supermarket global, sekaligus terbukti memiliki GWP terendah dan materialnya yang tidak mudah terbakar, sangat efektif digunakan sebagai pengganti seri HFC terdahulu," ujar Direktur Papaya Fresh Gallery, Ichihara Kazuo dalam siaran persnya, baru-baru ini

"Lewat konversi refrigeran ke Solstice N40 ini, Papaya telah memenuhi standarnya untuk menghemat energi dan mengurangi jejak karbon," lanjutnya.

Dalam kesempatan yang sama, Vice President dan General Manager Honeywell Advanced Materials - Asia Pasifik, Tom Liu mengatakan, pihaknya bangga dapat bekerja sama dengan Papaya Fresh Gallery dan Fukushima Galilei untuk menghadirkan produk hemat energi berkualitas tinggi di Indonesia.

Baca juga: Tak Mau Tonjolkan Kekayaan, Cinta Laura Diajarkan sang Ayah Menghargai Uang



"Lewat kolaborasi dengan Papaya Fresh Gallery, Honeywell memperkukuh komitmennya untuk bekerja sama dengan perusahaan dan merek yang memiliki kepedulian tinggi terhadap iklim dan lingkungan dengan menggunakan solusi kami yang bersahaja dengan lingkungan," kata dia.
(nug)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top