Tips Aman Anak ke Sekolah di Masa Pandemi Covid-19

Sabtu, 05 Juni 2021 - 05:07 WIB
loading...
Tips Aman Anak ke Sekolah di Masa Pandemi Covid-19
Orang tua atau wali murid adalah pihak yang paling berperan dalam menghindarkan anak dari infeksi virus corona. / Foto: ilustrasi/dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Bagi orang tua, kesehatan anak tentunya menjadi hal yang utama. Maka wajar jika banyak orang tua yang khawatir bila pembelajaran tatap muka diberlakukan di masa pandemi Covid-19.

Baca juga: Tingkatkan Kesehatan Jantung dengan Mengonsumsi Omega-3

Menurut hasil penelitian, risiko penularan Covid-19 di kalangan anak-anak lebih rendah dibanding orang dewasa. Walau demikian, risiko itu tetap ada sehingga kita harus senantiasa waspada.

Orang tua atau wali murid adalah pihak yang paling berperan dalam menghindarkan anak dari infeksi virus corona. Berikut ini beberapa tips agar anak aman ke sekolah di masa pandemi seperti dikutip laman Evasari Primaya Hospital.

1. Cek Kesehatan Anak, Tetap di Rumah jika Sakit

Setiap keluarga sebaiknya memiliki kotak obat dan alat pengecekan kesehatan sederhana di rumah. Jika suhu tubuh anak di atas batas, sebaiknya minta izin untuk tetap di rumah. Begitu pula bila ada gejala yang khususnya mengarah ke Covid-19, seperti batuk dan sesak napas. Tinggal di rumah saja dulu hingga suhu tubuh kembali normal dan kondisi anak membaik.

2. Mengajarkan Praktik Kebersihan untuk Anak

Kebanyakan anak memang cenderung sulit menjaga kebersihan. Untuk itu, diperlukan trik agar anak bisa mempraktikkan hidup bersih.

3. Mencuci Tangan

Menurut panduan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), cuci tangan harus dilakukan di bawah air mengalir dengan sabun selama minimal 20 detik. Tapi anak biasanya cuci tangan lebih cepat. Orang tua bisa mengajari anak mencuci tangan sambil menyanyi dengan durasi sekitar 20 detik. Pilih lagu kesukaan anak agar hatinya senang saat mencuci tangan.

4. Membawa Air Minum dan Peralatan Makan Sendiri dari Rumah

Di masa pandemi Covid-19, membeli makanan dan minuman dengan peralatan dari penjual berisiko menimbulkan penularan. Sebab, alat-alat itu digunakan oleh banyak orang secara bergantian. Meski sudah dicuci, tetap ada risiko penularan. Maka sebaiknya orang tua membawakan air minum dan makan sendiri dari rumah demi keamanan.

Baca juga: Swab Antigen Elecsys, Metode Baru Deteksi Covid-19 Ini Punya Sensitivitas Hingga 94,5%

5. Tidak Menyentuh Wajah, Mata, Hidung dan Mulut

Droplet yang mengandung virus corona dapat memasuki tubuh manusia lewat tiga bagian yang berongga di wajah, yaitu mata, hidung, dan mulut. Masker dapat menjadi pelindung bagi hidung atau mulut selama dikenakan dengan cara benar. Ingatkan pula supaya tidak menyentuh wajahnya dengan alasan apa pun. Bila hendak menyentuh wajah, cuci tangan dulu dengan sabun.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0952 seconds (0.1#10.140)