Ini 12 Bahan Makanan yang Bisa Turunkan Tekanan Darah Tinggi

Minggu, 06 Juni 2021 - 18:38 WIB
loading...
Ini 12 Bahan Makanan yang Bisa Turunkan Tekanan Darah Tinggi
Foto/The Pink Fork
A A A
JAKARTA - Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan penyakit berbahaya. Hipertensi telah menjadi penyakit gaya hidup yang dapat menyebabkan berbagai komplikasi kesehatan.

Maka, jangan abaikan penyakit ini dan segeralah periksa kesehatan Anda. Mengabaikan kondisi ini dapat menyebabkan masalah besar, antara lain memicu serangan jantung dan stroke.

Baca Juga: Masih Tertinggal, China Berupaya Keras Kembangkan Vaksin Covid-19

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk menjalani pola makan dan gaya hidup yang sehat agar terhindar dari tekanan darah tinggi. Melansir laman Times of India, Minggu (6/6), berikut 12 makanan sehat yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi.

1. Pisang

Mengonsumsi pisang adalah pilihan yang bagus untuk menjaga tekanan darah Anda tetap stabil. Hal ini dikarenakan pisang mengandung potasium, yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Zat ini juga bisa mengurangi risiko stroke dan membantu pembuluh darah rileks serta membuat dinding arteri berfungsi secara efiktif.

2. Gandum

Biji-bijian dalam gandum utuh memiliki beberapa manfaat kesehatan. Menambahkan gandum dan sereal dalam sarapan pagi hari akan membantu Anda tetap aktif sepanjang hari dan membuat kenyang lebih lama. Bahan pangan ini juga menjaga tekanan darah Anda tetap terkendali.

3. Sayuran Hijau

Sayuran hijau kaya akan zat besi, serat magnesium, dan folat. Sayuran seperti bayam adalah makanan yang bergizi. Manfaat yang terkandung dalam bayam bisa membantu menurunkan tekanan darah. Hal itu akan membuat jantung Anda tetap sehat untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

4. Ubi Jalar

Ubi jalar memiliki kandungan potasium yang bagus yang menjaga kadar natrium tetap rendah dan tekanan darah stabil. Selain itu, mengonsumsi ubi jalar juga dapat melancarkan pencernaan Anda dan membantu melawan kanker.

5. Susu Skim

Susu skim adalah minuman susu yang tidak mengandung lemak tubuh dan rendah kalori. Kandungan yang terdapat pada susu skim berupa serat, kalsium, dan vitamin D. Susu ini dapat membantu menurunkan tekanan darah dan memperkuat tulang. Susu skim juga bermanfaat dalam mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

6. Semangka

Buah semangka kaya akan serat untuk meningkatkan kesehatan. Nutrisinya berupa vitamin A, potasium, dan likopen. Itu semua adalah nutrisi penting yang memiliki efek menurunkan tekanan darah tinggi.

7. Jeruk

Buah jeruk dapat membantu menjaga tingkat tekanan darah tetap ideal. Itu disebabkan karena jeruk kaya vitamin C dan serat yang dapat membantu mengurangi risiko terkena tekanan darah tinggi, baik dengan diminum dalam bentuk jus maupun dimakan langsung.

8. Cokelat Hitam

Bagi Anda pecinta cokelat hitam, ini merupakan kabar baik. Mengonsumsi sekotak cokelat hitam setiap hari membantu menurunkan tekanan darah. Hal itu dikarenakan cokelat kaya akan flavonoid. Pastikan setidaknya terdapat 50%-70% kandungan kakao di dalam kemasan cokelat hitam yang Anda makan.

9. Biji Bunga Matahari

Biji bunga matahari mengandung serat, vitamin E, protein, dan asam folat. Makan hanya segenggam biji bunga matahari tidak hanya akan meningkatkan kesehatan jantung, tetapi juga menjaga tekanan darah.

10. Jus Anggur

Jus anggur mengandung nutrisi yang baik bagi tubuh. Sebab, jus anggur memiliki antioksidan tinggi, serat, asam folat, serta polifenol yang membantu menurunkan tekanan darah sekaligus melindungi jantung Anda dari serangan penyakit.

Baca Juga: Gejala Tekanan Darah Tinggi dari Kepala hingga Ujung Kaki

11. Kacang Polong

Mangonsumsi kacang polong dalam diet Anda adalah cara terbaik untuk menjaga kesehatan tubuh. Kacang polong memiliki nutrisi serat, kalium, dan magnesium. Itu semua sumber penting untuk menjaga tingkat tekanan darah yang ideal.

12. Buah Berry

Buah berry mengandung antosianin, flavonoid, dan polifenol. Selain itu buah berry juga kaya akan serat, potasium, dan vitamin C. Maka, buah berry sangat baik untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan jantung sekaligus menjaga tekanan darah Anda tetap terkendali.
(tsa)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3479 seconds (11.97#12.26)