Hasilkan 190 Karya Seni, Pelukis Ini Ajak Masyarakat Berkendara ke Dunia Vincent

Selasa, 08 Juni 2021 - 08:28 WIB
loading...
Hasilkan 190 Karya Seni, Pelukis Ini Ajak Masyarakat Berkendara ke Dunia Vincent
Selain dapat menikmati pameran, pengunjung juga mendapatkan merchandise berupa tas serut dan masker yang menampilkan lukisan Vincent. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Karya seni tidak mengenal usia, siapapun dapat menjadi penikmati maupun pelaku seni, baik itu muda maupun tua. Dikarenakan melalui seni, gagasan, perasaan, kekuatan emosi, aspirasi dan berbagai hal dalam benak dan jiwa manusia tersalurkan dengan keindahannya tersendiri.

Baca juga: RM BTS Rilis Lagu Solo Baru Buatan Sendiri, Bicycle

Hal inipun dialami Vincent Prijadi Purwono. Dia adalah anak kedua dari 3 bersaudara yang lahir di Surabaya, 13 Oktober 2003. Terlahir normal seperti bayi pada umumnya, akan tetapi sang ibu melihat gejala autis Vincent sejak bayi dan didiagnosa autis pada usia 13 bulan.

Situasi tersebut dihadapi keluarga dengan sikap positif bahwa Vincent adalah pribadi yang spesial. Keluarga menemukan dan melihat melukis menjadi pilihan Vincent dalam berekspresi. Dia sangat serius dalam belajar sketsa dan teknik melukis.

Semua dilakukan dengan senang hati tanpa tekanan, sangat berbeda ketika Vincent harus belajar seperti di sekolah. Sekarang dia berumur 17 tahun dan sudah menghasilkan 190 karya serta akan terus bertambah.

Dia berhasil menjual 50 lukisannya, menghasilkan merchandise yang layak jual di masyarakat. Dari sanalah ada perubahan sifat dari anak autis yang tidak bisa diatur dan cuek menjadi seorang remaja dewasa yang punya tujuan, jati diri dan berkembangnya rasa empati.

Pameran-pameran sudah banyak dilakukan di berbagai kota, tak ketinggalan pameran tunggalnya di kota Yogyakarta dengan mengambil tema pameran "Berkendara ke Dunia Vincent".

Di sini pengunjung dapat menikmati 14 karya Vincent yang bercerita tentang kereta api, pesawat terbang, peta, hal-hal yang berkaitan dengan kendaraan dan perjalanan. Hal yang sangat sia sukai dan nikmati selama ini.

Pameran yang berlangsung dari 5 Juni ini cukup menarik perhatian pengunjung. Nindya Paisan, seorang penikmat seni yang berasal dari Bandung, pun menyempatkan berkunjung saat sedang berlibur dengan teman-temannya.

"Saya suka yang ini, lukisan ini sangat detail, jalur, bentuk pesawat. Persis seperti apa yang saya lihat waktu menggunakan pesawat terbang Thailand," ujarnya menunjukan lukisan bernama Trasportasi 2.

Selain dapat menikmati pameran, pengunjung juga mendapatkan merchandise berupa tas serut dan masker yang menampilkan lukisan Vincent. Tentu menjadi nilai artistik tersendiri untuk pemakainya.

Baca juga: Ayu Ting Ting Akhirnya Ungkap Penyebab Batal Nikah dengan Adit Jayusman

Pameran tunggal ini masih terus berlangsung hingga 20 Juni di Langgeng Art Foundation, Gallery 2, tepatnya di Jalan Suryodiningratan No. 37 A, Yogyakarta.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6026 seconds (0.1#10.140)