Diderita Ashanty, Ini Penyebab dan Faktor Risiko Batu Ginjal

Selasa, 08 Juni 2021 - 09:04 WIB
loading...
Diderita Ashanty, Ini Penyebab dan Faktor Risiko Batu Ginjal
Istri Anang Hermansyah, Ashanty harus menerima kenyataan pahit usai didiagnosa dokter memiliki batu ginjal. / Foto: Instagram @ashanty_ash
A A A
JAKARTA - Istri Anang Hermansyah, Ashanty harus menerima kenyataan pahit usai didiagnosa dokter memiliki batu ginjal. Dokter mengatakan, telah menemukan batu ginjal berukuran 4mm dalam tubuh penyanyi cantik tersebut.

Baca juga: Ingin Obati Autoimun, Ashanty Malah Ketahuan Idap Penyakit Lain

Sebagaimana diketahui, batu ginjal tersebut ditemukan setelah Ashanty melakukan medical check-up yang dilakukan di Turki. Awalnya dia pergi ke negara tersebut untuk mengobati penyakit autoimun yang dialaminya. Namun, dia justru malah menderita penyakit lain yang tak kalah serius.

Sebagaimana diketahui ginjal manusia berfungsi untuk membuang limbah dan cairan dari darah untuk membuat urine. Terkadang, ketika seseorang memiliki terlalu banyak limbah dan tidak cukup cairan dalam darah Anda, limbah ini dapat menumpuk dan menempel di ginjal.

Nah, gumpalan limbah inilah yang disebut batu ginjal. Siapa pun bisa terkena batu ginjal, tetapi pria lebih sering terkena batu ginjal daripada wanita. Batu ginjal juga lebih sering terjadi pada orang kulit putih non-Hispanik daripada orang dari etnis lain.

Merangkum dari Kidney Fund, Selasa (8/6), berikut penyebab dan faktor risiko yang menyebabkan seseorang terkena batu ginjal.

1. Pernah menderita batu ginjal sebelumnya.

2. Seseorang dalam keluarga pernah menderita batu ginjal.

3. Tidak minum cukup air.

4. Mengikuti diet tinggi protein, natrium dan/atau gula.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1218 seconds (0.1#10.140)