Berikut Gejala dan Bagaimana Mencegah Batu Ginjal seperti Dialami Ashanty

Selasa, 08 Juni 2021 - 09:31 WIB
loading...
Berikut Gejala dan Bagaimana Mencegah Batu Ginjal seperti Dialami Ashanty
Jika seseorang memiliki batu ginjal yang sangat kecil yang bergerak dengan mudah melalui saluran kemih, seseorang mungkin tidak memiliki gejala apapun. / Foto: ilustrasi/ist
A A A
JAKARTA - Penyanyi Ashanty belum lama ini terkejut usai didiagnosa memiliki batu ginjal pada tubuhnya. Dokter menemukan bahwa batu ginjal yang dimiliki Istri Anang Hermansyah itu sudah berukuran 4 mm.

Baca juga: Diderita Ashanty, Ini Penyebab dan Faktor Risiko Batu Ginjal

Awalnya Ashanty bertolak menuju Turki untuk melakukan pengobatan autoimun yang dideritanya. Namun, kabar lain mengejutkan kala dokter menemukan batu ginjal di tubuh Ashanty usai melakukan medical check-up, meskipun dia tidak merasakan keluhan apapun.

Merangkum dari Kidney Fund, Selasa (8/6), jika seseorang memiliki batu ginjal yang sangat kecil yang bergerak dengan mudah melalui saluran kemih, seseorang mungkin tidak memiliki gejala apapun. Mereka bahkan tidak pernah tahu bahwa memiliki batu ginjal.

Namun, jika seseorang memiliki batu ginjal dengan ukuran yang lebih besar, maka mungkin akan mengalami salah satu dari gejala berikut:

1. Sakit saat buang air kecil

2. Darah dalam urine

3. Nyeri tajam di punggung atau perut bagian bawah

4. Mual dan muntah

Meski demikian, Anda tidak perlu khawatir. Sebab, batu ginjal ini masih bisa dicegah. Cara terbaik untuk mencegah batu ginjal adalah dengan mengonsumsi cukup air setiap hari. Kebanyakan orang harus minum delapan sampai 12 cangkir air per hari.

Jika seseorang memiliki penyakit ginjal dan perlu membatasi cairan, konsultasikan kepada dokter, berapa banyak cairan yang harus di minum setiap hari. Membatasi natrium dan protein hewani (daging, telur) dalam diet juga dapat membantu mencegah batu ginjal.

Baca juga: Ingin Obati Autoimun, Ashanty Malah Ketahuan Idap Penyakit Lain

Apabila dokter dapat mengetahui komponen pembentuk batu ginjal, maka dia mungkin dapat memberi rekomendasi diet khusus untuk membantu mencegah batu ginjal di masa depan. Jika memiliki kondisi kesehatan yang berpotensi membentuk batu ginjal, dokter mungkin akan meminta untuk minum obat untuk mengobati kondisi ini.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1248 seconds (0.1#10.140)