Jangan Ngaku Pecinta Durian kalau Belum Coba 5 Jenis Durian Ini

Minggu, 13 Juni 2021 - 03:08 WIB
loading...
Jangan Ngaku Pecinta Durian kalau Belum Coba 5 Jenis Durian Ini
Durian adalah salah satu buah kebanggaan Asia. / Foto: ilustrasi/ist
A A A
JAKARTA - Durian adalah salah satu buah kebanggaan Asia. Datang dari daerah Borneo dan Sumatera, buah dengan kulit tajam ini menyimpan daging buah yang memiliki rasa unik dengan aroma yang sangat kuat.

Baca juga: Bahaya di Balik Minuman Boba, Kenaikan Berat Badan hingga Diabetes

Durian adalah buah yang bisa memecah masyarakat menjadi dua kubu ekstrem, yakni benar-benar suka durian, atau benci durian. Kebanyakan fanatik durian terkenal dengan kegemaran mereka mengeksplor rasa-rasa durian yang belum pernah dicoba sebelumnya, bak melengkapi sebuah koleksi.

Nah, bagi yang suka dan cinta dengan rasa durian, sudahkah coba varian durian berikut ini?

1. Montong

Durian montong disebut sebagai durian paling enak. Meski terkenal dibudidayakan di Thailand, ternyata bibit durian yang satu ini berasal dari Indonesia, tepatnya dari Kabupaten Karanganyar. Ciri dari durian ini adalah dagingnya yang tebal dan rasanya yang sangat manis. Selain itu, dari segi warna, beberapa orang percaya bahwa daging buah yang berwarna kuning dengan sedikit warna putih adalah jenis yang paling enak. Durian montong dihargai sekitar Rp50.000-Rp.80.000 per 500 gramnya.

2. Musang King

Durian yang satu ini datang dari negara tetangga, Malaysia. Salah satu jenis durian termahal ini merupakan jenis durian yang mampu beradaptasi dengan iklim. Banyak orang menyukai durian musang king karena dagingnya yang besar, tebal, dan bertekstur lembut juga sangat legit. Umumnya, daging buah durian musang king berwarna kuning terang. Durian musang king per 500 gramnya dihargai Rp300.000 ke atas.

3. Petruk

Selain budidaya Thailand dan Malaysia, Indonesia pun punya varian durian sendiri. Durian petruk adalah varietas durian unggul dari Jepara. Ciri khas durian ini adalah bentuknya yang seperti telur dengan ujung agak melancip. Durian petruk ini kulitnya tipis dan berwarna kekuningan, sementara buahnya berserat dan agak lembek. Menurut para pecinta durian, rasa daging buah petruk manis dan sedikit pahit sehingga dianggap memiliki rasa yang menarik. Durian petruk dihargai Rp50.000-Rp 65.000 per buahnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2036 seconds (0.1#10.140)