Waspada! Minuman Bersoda Dapat Turunkan Imunitas Tubuh

loading...
Waspada! Minuman Bersoda Dapat Turunkan Imunitas Tubuh
Foto Ilustrasi/iStock
JAKARTA - Minuman bersod a terbukti dapat menurunkan imunitas tubuh seseorang. Padahal, kekuatan imunitas di masa pandemi seperti saat ini sangat diperlukan agar tidak mudah terserang penyakit.

Menurut laporan Times of India, minuman bersoda sangat berisiko turunkan imunitas tubuh karena mengandung gula dan itu sama saja seperti 'memberi makan' bakteri jahat. Dijelaskan di sana, hanya mengonsumsi 350 ml minuman bersoda, itu setara dengan mendapatkan 39 gram gula yang merupakan penyebab banyak masalah kesehatan jika dikonsumsi berlebihan.

Baca Juga: Fakta-Fakta Ganja, Jenis Narkoba yang Diduga Digunakan Anji

"Gula berfungsi sebagai tempat berkembang biaknya bakteri dan virus serta membantu mereka menyebar dengan mudah ke seluruh tubuh. Gula juga menekan sistem kekebalan tubuh," ungkap laporan tersebut, seperti disadur pada Senin (14/6).



Minuman bersoda juga diketahui dapat meningkatkan risiko infeksi. Bahkan ini berlaku bagi siapa saja dengan kondisi kesehatan apa pun, khususnya penderita diabetes tipe 2.

Gula dalam soda memengaruhi sel darah putih sistem kekebalan Anda yang penting untuk melawan infeksi. Dengan begitu, semakin banyak mengonsumsi minuman bersoda, maka akan melemahkan sel darah putih yang punya fungsi perlindungan pada tubuh tersebut. Jadi, sebaiknya penderita diabetes tipe 2 tidak mengonsumsi soda.

"Minuman bersoda bukan hanya memperburuk kondisi pasien diabetes tipe 2, tetapi meningkatkan risiko penyakit tersebut pada orang sehat," terang laporan itu.

Ya, rutin mengonsumsi minuman bersoda dapat menurunkan sensitivitas insulin seseorang yang merupakan risiko utama untuk mengembangkan diabetes tipe 2.

"Selain mengurangi minuman bersoda, untuk mencegah diabetes tipe 2 juga Anda disarankan mengurangi konsumsi lemak jenuh," tambah laporan tersebut.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top