Rasa Aneh di Mulut Tanda Gula Darah Tinggi, Waspada!

Senin, 14 Juni 2021 - 21:08 WIB
loading...
Rasa Aneh di Mulut Tanda Gula Darah Tinggi, Waspada!
Rasa Aneh di Mulut Tanda Gula Darah Tinggi, Waspada! Foto/Express.
A A A
JAKARTA - Gejala diabetes sering tidak terdeteksi dan diabaikan sebagai sesuatu yang kurang serius. Beberapa pasien pertama kali menyadari bahwa ada sesuatu yang salah ketika mereka mengembangkan rasa aneh di mulut mereka.

Gangguan rasa dapat bervariasi, tetapi sering digambarkan sebagai rasa logam. Gula darah tinggi secara perlahan dapat merusak sistem saraf pusat, yang selanjutnya berdampak pada rasa dan penciuman pasien.

Dilansir dari Express, Senin (14/6) gangguan rasa yang dikenal sebagai parageusia, terjadi ketika saraf yang mempengaruhi rasa rusak.

Diabetes yang tidak terkontrol atau gula darah tinggi dapat menyebabkan berbagai masalah seperti kerusakan saraf dan kerusakan ginjal. Tapi ini bukan satu-satunya efek samping diabetes.

Baca Juga : Aktivitas Berkebun Bisa Melindungi dari Hipertensi

Beberapa orang dengan diabetes juga dapat mengembangkan rasa logam di mulut mereka. Parageusia adalah gangguan rasa yang bisa terjadi bersamaan dengan diabetes. Ini juga diketahui menyebabkan rasa logam di mulut.

Sederhananya, sistem saraf pusat Anda memengaruhi cara otak merasakan rasa, dan ada kemungkinan diabetes yang tidak terkontrol dapat memengaruhi sistem saraf Anda. Tapi tidak semua rasa logam di mulut, menandakan menderita diabetes.

Pasalnya, rasa logam juga bisa disebabkan oleh gangguan pencernaan, pilek, atau bahkan infeksi sinus. Penyakit gusi juga dapat menyebabkan rasa yang tidak enak, oleh karena itu penting bagi Anda untuk menyikat gigi secara teratur dan menggunakan benang gigi.

Anda harus menemui dokter jika rasa logam tidak hilang, dan tidak ada penyebab yang jelas.

Baca Juga : 5 Cara Hindarkan Anak dari Kebiasaan Sentuh Wajah demi Cegah Terpapar COVID-19
(dra)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1165 seconds (10.177#12.26)