Manfaat Daun Sirih Merah Bagi Kesehatan, Cegah Infeksi Hingga Turunkan Kadar Gula

Rabu, 16 Juni 2021 - 10:15 WIB
loading...
Manfaat Daun Sirih Merah Bagi Kesehatan, Cegah Infeksi Hingga Turunkan Kadar Gula
Daun sirih merah. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Daun sirih merah atau piper crocatum, memang dikenal memiliki segudang manfaat.Berkat manfaatnya ini, daun sirih merah digunakan secara turun-temurun di Indonesia sebagai salah satu obat tradisional di Indonesia.Biasanya daun sirih merah dikonsumsi dengan cara diminum air rebusannya atau langsung dikunyah. Selain itu, ada juga suplemen yang dibuat dari ekstrak daun sirih merah.

Manfaat daun sirih merah didapatkan berkat beragam senyawa yang terkandung di dalamnya, seperti flavonoid, fenol, alkaloid, polifenolat, tanin, saponin, dan senyawa minyak atsiri.Lalu apa saja sih manfaat dari daun sirih merah? Melansir laman Alo Dokter, Rabu (16/6/2021), berikut adalah beragam manfaat daun sirih merah bagi kesehatan.

Baca Juga : Cegah Varian Delta India Ngamuk di RI, Jokowi Diminta Lockdown Besar-besaran

1. Mempercepat penyembuhan luka

Sirih merah mengandung senyawa saponin. Sifat antiseptik yang dimiliki senyawa ini bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan luka terbuka.

Selain itu, senyawa tanin di dalam daun sirih merah juga dapat memicu terbentuknya kolagen (protein yang memberi tekstur elastis pada kulit). Kolagen dapat membuat tepi luka untuk menyusut dan menutup dan luka bisa sembuh dengan lebih cepat.

2. Mencegah infeksi bakteri

Mencegah infeksi bakteri juga merupakan manfaat daun sirih merah lainnya. Penelitian menyebutkan bahwa fenol dan flavonoid dalam daun sirih merah memiliki sifat antibakteri, sehingga mampu menghambat perkembangan bakteri Staphylococcus, yang dapat menyebabkan infeksi methicillin-resistant Staphylococcus aereus (MRSA).

3. Mengobati rheumatoid arthritis

Penelitian menyatakan bahwa ekstrak daun sirih merah memiliki potensi untuk digunakan sebagai obat alami untuk menyembuhkan rheumatoid arthritis.Pasalnya, berbagai senyawa di dalam daun sirih merah, seperti flavonoid dan fenol memiliki sifat antiinflamasi, yang bermanfaat unuk meredakan peradangan akibat penyakit rheumatoid arthritis.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1744 seconds (0.1#10.140)