Kasus Covid-19 di Indonesia Melonjak Picu Depresi, Ini Cara Atasinya!

loading...
Kasus Covid-19 di Indonesia Melonjak Picu Depresi, Ini Cara Atasinya!
Kasus Covid-19 di Indonesia Melonjak Picu Depresi, Ini Cara Atasinya! Foto/The Economic Times.
JAKARTA - Kasus Covid-19 di Indonesia semakin memprihatinkan lantaran melonjak pesat . Kondisi ini membuat masyarakat khawatir hingga menyebabkan depresi baik pada orang dewasa maupun anak-anak.

Tindakan pencegahan seperti social distancing, diperlukan untuk mengurangi penyebaran Covid- 19 . Namun, hal tersebut juga dapat membuat seseorang merasa terisolasi dan kesepian serta dapat meningkatkan depresi dan kecemasan.

Jika seseorang sudah depresi maka dapat menyebabkan hal yang tidak diinginkan pada orang-orang tersayang yang ada di sekitarnya seperti perasaan takut, marah, sedih, khawatir, mati rasa, atau frustrasi.

Perubahan nafsu makan, energi, keinginan, dan minat, kesulitan berkonsentrasi dan membuat keputusan, sulit tidur atau mimpi buruk, reaksi fisik, seperti sakit kepala, nyeri tubuh, masalah perut, dan ruam kulit.



Baca Juga : Berkeringat Tanpa Alasan Jelas Tanda Gejala Serangan Jantung

Selain itu depresi juga bisa membuat kondisi kesehatan kronis memburuk, memburuknya kondisi kesehatan mental, peningkatan penggunaan tembakau, alkohol, dan zat lainnya.

Dilansir dari CDC, Senin (21/6), berikut tips untuk mencegah depresi yang kerap dialami masyarakat selama masa pandemi Covid-19 .

1. Jauhi berbagai kegiatan yang bisa memperburuk keadaan

Seseorang bisa menjauhkan beberapa kegiatan seperti tidak menonton, membaca, atau mendengarkan berita termasuk yang ada di media sosial tentangn Covid-19. Sebab mendengarkan berita terkait Covid-19 bisa membuat seseorang menjadi bertambah kesal.

2.Menjaga kesehatan tubuh
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top