Berkeringat Tanpa Alasan Jelas Tanda Gejala Serangan Jantung

Senin, 21 Juni 2021 - 10:12 WIB
loading...
Berkeringat Tanpa Alasan Jelas Tanda Gejala Serangan Jantung
Berkeringat Tanpa Alasan Jelas Tanda Gejala Serangan Jantung. Foto/Express.
A A A
JAKARTA - Serangan jantung adalah keadaan darurat medis yang serius yang dapat dicegah jika seseorang menyadari tanda-tanda peringatan dini. Salah satu tanda yang tidak biasa termasuk kejadian aneh berkeringat tanpa alasan yang jelas.

Gejala yang berbeda sering menjadi alasan kebanyakan orang salah mengira tanda-tanda peringatan dini. Jika berkeringat tanpa alasan yang jelas, itu bisa menunjukkan faktor risiko utama untuk serangan jantung .

Dilansir dari Express Senin (21/6) peneliti menemukan, berkeringat menjadi gejala yang menyebabkan lebih banyak orang yang menderita serangan jantung untuk pergi ke rumah sakit.

"Pasien serangan jantung sering menyangkal gejala, sehingga menunda pengobatan, tetapi mereka yang berkeringat lebih cenderung mencari pengobatan lebih awal," kata Dr Catherine Ryan, koordinator proyek keperawatan medis-bedah di departemen keperawatan di University of Illinois di Chicago.


Healthline menyebutkan berkeringat lebih dari biasanya terutama jika Anda tidak berolahraga atau aktif bisa menjadi tanda peringatan dini masalah jantung.

"Memompa darah melalui arteri yang tersumbat membutuhkan lebih banyak upaya dari jantung Anda, sehingga tubuh Anda lebih banyak berkeringat untuk mencoba menjaga suhu tubuh Anda turun selama aktivitas ekstra," jelas Healthline.

Jika mengalami keringat dingin atau kulit lembab, maka Anda harus berkonsultasi dengan dokter. Keringat malam juga merupakan gejala umum bagi wanita yang mengalami masalah jantung. Wanita mungkin salah mengira gejala ini sebagai efek menopause.

“Namun, jika Anda bangun dan seprai Anda basah kuyup atau Anda tidak bisa tidur karena berkeringat, ini bisa menjadi tanda serangan jantung, terutama pada wanita," tulis Healthline.


Berkeringat secara tiba-tiba tanpa alasan yang jelas sebenarnya merupakan gejala umum dari serangan jantung tetapi banyak yang tidak menyadarinya.

Berkeringat banyak ketika tidak demam dan tidak memaksakan diri atau di lingkungan yang panas, terutama jika disertai dengan gejala lain termasuk pusing, sesak napas, mual, atau nyeri dada merupakan gejala serangan jantung.

Keringat berlebihan adalah salah satu tanda peringatan awal serangan jantung. Jika beberapa arteri tubuh tersumbat oleh timbunan lemak, jantung perlu bekerja lebih keras untuk memastikan darah dipompa ke seluruh tubuh. Hasilnya adalah keringat berlebih dan merupakan gejala serangan jantung .

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1741 seconds (0.1#10.140)