3 Olahraga untuk Pasien Diabetes Tipe 2 Cegah Gula Darah Tinggi

Rabu, 23 Juni 2021 - 21:24 WIB
loading...
3 Olahraga untuk Pasien Diabetes Tipe 2 Cegah Gula Darah Tinggi
3 Olahraga untuk Pasien Diabetes Tipe 2 Cegah Gula Darah Tinggi. Foto/Express.
A A A
JAKARTA - Olahraga sangat penting untuk pasien Diabetes tipe 2 , karena membantu melindungi dari lonjakan gula darah tinggi . Ada tiga jenis olahraga utama yang harus dilakukan setiap orang untuk menghindari gejala diabetes, menurut ITV This Morning GP, Dr Sara Kayat.

Diabetes disebabkan oleh kadar gula darah menjadi terlalu tinggi. Sekitar 90% dari semua kasus diabetes disebabkan oleh diabetes tipe 2, di mana hormon insulin tidak bekerja dengan benar atau pankreas tidak mampu membuatnya cukup.

Namun, olahraga teratur dapat membantu menstabilkan kadar gula darah. Tetap aktif sangat penting bagi pasien diabetes, karena membantu tubuh menggunakan karbohidrat lebih efisien.

Dilansir dari Express, Rabu (23/6) jika menderita diabetes, Anda harus menggabungkan tiga jenis olahraga yang berbeda.

Aktivitas kardiovaskular, latihan kekuatan, dan peregangan semuanya harus menjadi bagian dari rutinitas. Pastikan untuk menggabungkan ketiganya, daripada menghabiskan lebih banyak waktu hanya untuk satu olahraga.

Baca Juga : Diabetes Tipe 2, 6 Masalah Mata Tanda Gula Darah Tinggi

Berfokus pada latihan kekuatan saja, misalnya, meningkatkan risiko cedera, yang hanya akan menghambat rutinitas olahraga Anda dalam jangka panjang.

"Olahraga membantu menstabilkan kadar gula darah Anda. Ini membantu mempromosikan cara kerja insulin pada kadar gula Anda, tetapi juga bekerja dengan memanfaatkan simpanan energi Anda," kata Dr Sara.

"Penting untuk memastikan semua ini bekerja secara holistik, daripada hanya fokus pada satu, karena Anda mungkin berakhir dengan cedera jika Anda hanya fokus pada satu area, dan itu akan membuat Anda kembali dalam hal olahraga Anda," sambungnya.

Setiap orang harus berusaha melakukan 150 menit olahraga setiap minggu, tetapi itu tidak harus berupa jogging. Anda bisa memasukkan olahraga ke dalam gaya hidup sehari-hari tanpa menyadarinya.

Apapun yang meningkatkan detak jantung dan membuat bergerak dapat dihitung dalam target 150 menit. Itu bisa termasuk berjalan cepat, pergi ke gym, atau sekadar berkebun.

Baca Juga : Studi: Virus Corona Baru Bisa Infeksi Testis Pria, Waspada!
(dra)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1126 seconds (10.177#12.26)