Sempat Vakum karena Pandemi, IDPFest Kembali Digelar Tahun Ini

Kamis, 24 Juni 2021 - 23:11 WIB
loading...
Sempat Vakum karena Pandemi, IDPFest Kembali Digelar Tahun Ini
Indonesia Drum dan Perkusi Festival (IDPFest) kembali dihelat pada 2021, setelah tahun lalu sempat terhenti lantaran pandemi Covid-19. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Indonesia Drum dan Perkusi Festival (IDPFest) kembali dihelat pada 2021, setelah tahun lalu sempat terhenti lantaran pandemi Covid-19 . Sang penggagas dan penyelenggara, Ekki Soekarno bakal menghlar dengan segala keterbatasannya.

Baca juga: Enggak Ada Manfaatnya, Tompi Minta Jerinx Sudahi Pertikaian tentang Covid-19

IDPFest sendiri merupakan wadah musik yang terdiri dari beberapa perkumpulan atau komunitas masyarakat pencinta musik, seniman, musisi, drummer, perkusionis, budayawan, pekerja seni ekonomi kreatif, sekolah/sanggar musik serta masyarakat luas yang peduli akan pendataan, pendokumentasian, pelestarian, pengembangan dan pengenalan alat musik indonesia.

Meski dijalankan secara gotong royong, mereka akan tetap berkarya, produktif dan selalu kreatif dalam menyajikan kegiatan acara IDPFEST tahun ini secara virtual. Rencananya, ajang IDPFest 2021 akan berlangsung melalui platform digital seperti YouTube, Facebook, Instagram, Twiter, TV (cable/nationwide) dan hybrid offline.

"Meski dengan segala keterbatasan lantaran pandemi Covid-19 yang belum juga melandai, IDPFest tahun ini kami gelar," tegas Ekki Soekarno dalam jumpa pers virtual, Rabu (23/6).

Menurut Ekki, lantaran harus mematuhi protokol kesehatan maka gelaran IDPFest 2021 hanya akan diisi dengan kegiatan Kompetisi/ Lomba, Pentas Seni Budaya dan juga Lelang & Donasi.

"Kami sebagai seniman musik harus tetap kreatif di tengah keterbatasan. Kami tetap memberikan ruang kreatif dan eksplorasi bagi anak, remaja, keluarga dan masyarakat pencinta seni musik drum dan perkusi untuk mengembangkan seni budaya perkusi yang tertunda selama masa pandemi," terangnya.

Pada IDPFest 2021 panitia menggelar 4 lomba di antaranya lomba drum & perkusi; kompetisi drum anak dan remaja serta lomba perkusi keluarga; hingga kompetisi kolaborasi drum & perkusi.

"Pendaftaran dibuka mulai 26 Juni 2021 dan ditutup pada 21 Agustus 2021, hadiahnya sangat menarik dengan jumlah puluhan juta rupiah," kata Ekki.

Baca juga: Masyarakat Diajak Bekerjasama Atasi Ledakan Covid-19 dengan Melakukan Ini

Lebih lanjut, Ekki mengutarakan bahwa penyisihan dilakukan secara virtual. Hal itu dilakukan karena suasana pandemi Covid-19 belum melandai. Sementara untuk Grand Final dilaksanakan secara hybrid offline. "Bagi yang berminat mengikuti ragam lomba IDPfest bisa follow Instagram @idpfest," pungkasnya.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1758 seconds (0.1#10.140)