Gunakan 2 Masker Bantu Lindungi Diri dari Varian Delta

Jum'at, 25 Juni 2021 - 13:11 WIB
loading...
Gunakan 2 Masker Bantu Lindungi Diri dari Varian Delta
Gunakan 2 Masker Bantu Lindungi Diri dari Varian Delta. Foto/Penn Today.
A A A
JAKARTA - Menggunakan dua masker atau masker dobel membantu melindungi diri dari infeksi Covid-19 . Termasuk di antaranya varian Delta yang disebut lebih menular.

"Jika ditanya apakah penggunaan masker dobel melindungi tubuh dari paparan Covid-19 varian Delta, saya katakan secara logika melindungi. Tapi, yang penting maskernya berkualitas," kata Ketua Satgas Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) Prof Zubairi Djoerban belum lama ini.

Ia menegaskan, masker dobel tidak akan memberi manfaat maksimal jika dipakainya asal-asalan. Misalnya masker hanya menutupi bagian mulut, tetapi lubang hidung tetap terbuka bebas atau juga menggunakan masker di bawah dagu saja.


"Saya juga mengimbau agar masyarakat tidak menggunakan masker yang dibuatnya asal-asalan seperti yang banyak beredar informasinya di media sosial. Jika bikin masker sendiri pun pastikan tiga lapis dan sesuai standar kesehatan. Kalau tidak berkualitas, ya, tidak akan melindungi," tegas Prof Zubairi.

Untuk jenis masker, Prof Zubairi memberi contoh masker medis yang kemudian dilapisi masker kain di bagian luarnya. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan masker medis dan face shield.

"Jangan anggap pakai masker medis itu ribet jika mau terlindungi dengan baik. Saya tegaskan sekali lagi, ya, masker ganda itu cukup melindungi tapi harus yang berkualitas," tutup Prof Zubairi.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2778 seconds (0.1#10.140)