Sederet Bumbu Dapur Ini Bermanfaat Tingkatkan Imunitas Tubuh

Sabtu, 26 Juni 2021 - 08:09 WIB
loading...
Sederet Bumbu Dapur Ini Bermanfaat Tingkatkan Imunitas Tubuh
Lantas, rempah-rempah apa saja sih yang baik untuk meningkatkan imunitas tubuh? / Foto: ilustrasi/ist
A A A
JAKARTA - Hal paling penting untuk dilakukan di masa pandemi Covid-19 ini adalah menjaga protokol kesehatan (prokes) dengan ketat. Selain itu, tentunya yang tidak kalah penting adalah menjaga sistem kekebalan tubuh dengan baik.

Baca juga: Insomnia Tingkatkan Risiko Gula Darah Tinggi dan Diabetes Tipe 2

Cara menjaga sistem kekebalan tubuh sebenarnya mudah. Yaitu, cukup rutin berolahraga dan mengonsumsi makanan-makanan sehat. Plus, Anda bisa juga mengolah dan mengonsumsi bahan-bahan herbal seperti rempah-rempah untuk meningkatkan imunitas.

Ya, beberapa rempah-rempah yang mudah ditemui di dapur ternyata memiliki manfaat mengagumkan untuk sistem kekebalan tubuh Anda. Anda bisa menggunakan rempah-rempah tersebut untuk membuat makanan atau minuman yang enak dan sehat untuk dikonsumsi di masa pandemi seperti sekarang.

Lantas, rempah-rempah apa saja sih yang baik untuk meningkatkan imunitas tubuh? Berikut daftarnya seperti dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (25/6).

Jahe

Rempah-rempah paling terkenal memiliki manfaat kesehatan adalah jahe. Jahe telah digunakan sebagai suplemen dalam pengobatan tradisional selama berabad-abad. Jahe terkenal dengan manfaatnya untuk mengobati ragam penyakit. Mulai dari mual dan muntah, pilek, hingga radang sendi.

Berdasarkan penelitian, hal tersebut lantaran sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang ada pada jahe. Untuk memanfaatkan rempah-rempah ini, Anda bisa membuat teh atau susu jahe.

Kayu manis

Berikutnya ada kayu manis. Rempah-rempah ini memiliki aroma yang hangat dan khas. Namun, bukti terkait efek atau kemampuan kayu manis untuk sistem kekebalan belum dapat disimpulkan. Tetapi beberapa penelitian menunjukkan bahwa kayu manis memiliki sifat antibakteri. Dia juga tercatat mempunyai sifat antiinflamasi dan antioksidan seperti jahe.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1351 seconds (0.1#10.140)